Hugo Barra Tinggalkan Xiaomi Akhir Januari

Kompas.com - 23/01/2017, 13:37 WIB
VP Global Xiaomi Hugo Barra memamerkan smartphone Android terbaru Xiaomi, Mi5 di Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2016). Oik Yusuf/KOMPAS.comVP Global Xiaomi Hugo Barra memamerkan smartphone Android terbaru Xiaomi, Mi5 di Barcelona, Spanyol, Rabu (24/2/2016).
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kabar mengejutkan datang dari salah satu petinggi Xiaomi. Hugo Barra yang merupakan Vice President Xiaomi Global memutuskan mundur dari perusahaan gadget asal China tersebut.

Pengumuman pengunduran diri ini disampaikan Barra di akun Facebook-nya, Senin (23/1/2017). Postingan tersebut diawali dengan kalimat, "Terima kasih untuk 3,5 tahun yang sangat hebat, Mi Fans".

"Saya akan mendelegasikan posisi saya di Xiaomi pada Februari setelah Tahun Baru China," tulis Barra dalam sebuah postingan di akun Facebook.

Tahun Baru China tahun ini sendiri akan jatuh pada akhir bulan ini, tepatnya tangal 28 Januari mendatang.

Baca juga: Hugo Barra Ungkap 3 Alasan Tinggalkan Xiaomi

Pria kelahiran Brasil tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pendiri Xiaomi Lei Jun dan Presiden Direktur Xiaomi Bin Lin. Keduanya-lah, disebut Barra, yang mengajak dia bergabung ke Xiaomi pada empat tahun yang lalu.

Kepada Lei Jun, secara khusus Hugo Barra menyebutkan bahwa pendiri tersebut merupakan seorang mentor sekaligus teman baginya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenang awal kedatangannya ke Xiaomi, Barra menyebutkan saat itu perusahaan gadget tersebut belum sebesar sekarang. Dalam perjalanan selanjutnya, Xiaomi menjelma menjadi raksasa tak hanya di China, dengan mengalahkan Huawei dan Oppo, tetapi juga berekspansi ke-20 negara.

"Kami (Xiaomi) berekspansi ke Indonesia, Singapura, Malaysia, dan saat ini ada 20 pasar lain termasuk Rusia, Meksiko, dan Polandia," tulis Barra.

Mundur dari Xiaomi, Barra akan kembali berkarya di Silicon Valley. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, Barra merupakan salah satu petinggi di Google. (Baca: Drama Cinta Segitiga di Balik Perceraian Pendiri Google)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.