Aplikasinya Ambil Data Lebih Banyak, Ini Penjelasan Meitu

Kompas.com - 23/01/2017, 16:28 WIB
Contoh foto sebelum dan setelah memakai aplikasi Meitu screenshotContoh foto sebelum dan setelah memakai aplikasi Meitu
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Aplikasi edit foto Meitu sempat disebut mengambil data pengguna dan karenanya perlu diwaspadai. Perusahaan pembuatnya pun memberi tanggapan mengenai hal ini.

Developer aplikasi asal China tersebut mengonfirmasi bahwa mereka memang mengambil sejumlah data dari ponsel penggunanya, lebih banyak dari aplikasi edit foto pada umumnya. Meski demikian, mereka berjanji bahwa data-data tersebut tidak akan disalahgunakan.

"Satu-satunya tujuan kami mengumpulkan data pengguna adalah demi mengoptimalkan kinerja aplikasi, efek, dan fitur, serta upaya memahami tanggapan pengguna terhadap iklan di dalamnya," sebut Meitu dalam keterangan resminya kepada KompasTekno, Senin (23/1/2017).

"Meitu sama sekali tidak menjual data pengguna, dengan cara atau bentuk apa pun," imbuh Meitu.

Baca: Aplikasi Edit Foto Meitu Sedang Digemari, Tetapi Ada yang Aneh

Perusahaan aplikasi edit foto itu berpendapat, izin akses yang diminta aplikasi buatannya cenderung serupa dengan izin akses yang diminta aplikasi lain.

Beberapa hal, seperti MAC address, IMEI, LAN AP, kode negara di kartu SIM, serta GPS, sengaja diminta demi melacak kinerja aplikasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data soal kinerja aplikasi biasanya disediakan langsung oleh Google atau Apple agar perusahaan bisa berjualan di toko aplikasi mereka. Namun karena Meitu berada di China, sistem pelacakan yang disediakan oleh Google dan Apple tidak dapat digunakan.

Sebagai gantinya, Meitu mesti meminta izin akses secara manual pada para pengguna aplikasinya.

Sebelumnya, aplikasi yang bisa mengubah wajah penggunanya jadi seperti tokoh anime, yakni Meitu, mengalami masalah. Saat diunguh, aplikasi tersebut meminta akses terhadap banyak hal, mulai dari GPS hingga membaca kontak

Permintaan tersebut dinilai aneh karena Meitu merupakan aplikasi pengedit foto, yang bisa beroperasi tanpa GPS atau kontek pengguna.

Baca: 8 Aplikasi Edit Foto Terpopuler di Android



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.