Ibu Ini Bangun Rumah Berbekal Video Tutorial di YouTube

Kompas.com - 24/01/2017, 10:05 WIB
Cara Brookins dengan keempat putra-putrinya berfoto di depan rumah yang mereka bangun. istCara Brookins dengan keempat putra-putrinya berfoto di depan rumah yang mereka bangun.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Membangun rumah sepertinya adalah pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli rancang bangun. Namun seorang ibu di Little Rock, Arkansas, AS berikut ini mematahkan pandangan tersebut dengan membangun rumah dengan hanya berbekal tutorial di YouTube.

Cara Brookins, ibu dari empat orang anak ini pada mulanya bercerai dengan suaminya karena mendapatkan perlakuan kasar. Dengan dana terbatas, Brookins berupaya untuk memberikan anak-anaknya rumah tinggal. Jadi ia pun membangunnya sendiri.

Brookins tidak memiliki pengalaman atau latar belakang di bidang konstruksi bangunan. Berjam-jam ia mencari informasi dari video tutorial yang ada di YouTube lalu mencobanya. Jika salah, maka ia mencobanya lagi.

Brookins membangun rumahnya pada 2008. Saat itu, YouTube masih belum memiliki fitur macam-macam, hanya menyajikan video saja.

Baca: 10 Video Terpopuler di YouTube Sepanjang 2016

The Next Web Inkwell Manor, rumah yang dibangun Brookins dengan hanya berbekal tutorial di YouTube dan browsing internet.
Smartphone juga belum populer di tengah masyarakat. Karena itu, tiap malam Brookins baru bisa membuka situs web dan browsing berbagai cara yang diperlukan, seperti bagaimana cara mendirikan dinding, lalu mengingatnya sebelum mempraktikannya di keesokan harinya.

"Sedikit demi sedikit, kami belajar cara membangun pondasi rumah, kami sering bertanya juga ke orang-orang di (supermarket bangunan) Home Depot," kata Brookins seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (24/1/2017).

Semuanya dilakukan dari nol. Putra tertuanya, Drew membantu menggambar cetak biru bangunan dan meminta persetujuan dari Wali Kota. Sementara Jada dan Hope, kedua putrinya, membantu memikul air dari kolam sekitar untuk mencampur semen, sembari memasak untuk keluarga, sekaligus mengasuh adik kecilnya, Roman.

Baca: YouTube Itu Jahat, Kita Semua Bisa Hancur

Sembilan bulan kerja keras, rumah idaman Brookins pun berdiri. Mereka menamakan rumahnya itu "Inkwell Manor". Total biaya yang dikeluarkannya saat itu berkisar 130.000 dollar AS (Rp 1,7 miliar). Kini harga rumah Brookins ditaksir mencapai 500.000 dollar AS (Rp 6,6 miliar).

Pengalaman Brookins membangun rumah berbekal tutorial di YouTube dan browsing internet itu ia tuliskan dalam sebuah buku berjudul "Rise, How a House Built a Family".

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X