Menanti Sepak Terjang Android Moto Z di Indonesia

Kompas.com - 24/01/2017, 14:15 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Motorola Moto Z dapat dipastikan akan segera dijual di Indonesia. Pasalnya, hingga saat ini ada cukup banyak hal yang mengindikasikan bahwa persiapan peluncuran ponsel tersebut sudah mendekati selesai.

Indikator yang terlihat, salah satunya adalah soal sertifikat dari balai uji milik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Sertifikat tersebut sudah selesai diurus.

Kemudian ada juga sertifikat tanda sah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk Moto Z. Soal TKDN ini tercatat ada dua varian yang lolos sertifikasi.

Pertama adalah Moto Z dengan kode MOTO XT1650-03 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon quad core 1,8 GHz. Kedua adalah Moto Z Play dengan kode MOTO XT1635-02 yang menggunakan chipset Qualcom Snapdragon octa core 2,4 GHz.

Kedua jenis ponsel Moto Z tersebut sama-sama dinyatakan sah telah mengantongi TKDN 20,40 persen, sejak 21 Desember 2016.

screenshot Keterangan sertifikat TKDN Motorola Moto Z Play dan Moto Z
Artinya, Motorola sudah mendapat dua dari beberapa restu yang diperlukan untuk mendatangkan Moto Z ke Indonesia. Selain kedua sertifikat ini, masih ada izin lain yang mesti diurus dari Kementerian Perdagangan.

Selain itu, sejumlah blogger juga sudah mulai memamerkan pengujian unit Moto Z. Pantauan KompasTekno di linimasa Twitter, setidaknya ada empat blogger yang sudah menggunakan smartphone Android tersebut.

Memecah kelangkaan

Peluncuran Moto Z di Indonesia merupakan sesuatu yang menarik. Pasalnya, kehadiran ponsel tersebut bakal memecah kelangkaan smartphone flagship yang sudah cukup lama terjadi di pasar Tanah Air.

Seperti diketahui, selama ini pilihan ponsel flagship di Indonesia cenderung terbatas. Hanya dua vendor saja yang biasanya identik dengan ponsel premium, yakni Samsung dan Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.