Menjajal Fujifilm X100F, Desain Tetap Klasik "Jeroan" Makin Canggih

Kompas.com - 24/01/2017, 15:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Seri kamera saku populer X100 besutan Fujifilm tak luput mendapat pembaruan dalam bentuk X100F yang diperkenalkan dalam ajang Fujikina 2017 di Kyoto, Jepang, pekan ini. Kamera tersebut mendapat perubahan yang signifikan dibanding para pendahulunya.

Jeroan kamera di-upgrade sehingga kini spesifikasinya sebanding dengan dua kamera mirrorless kelas atas Fujifilm, X-T2 dan X-Pro2. Sensor dan prosesor anyar diklaim meningkatkan kecepatan kamera ini dalam berbagai hal.

Fisik X100F ikut direvisi dengan menggeser layout tombol dan penambahan beberapa kendali baru sehingga tampilan fisiknya ikut berubah. Seperti apa? Ikuti penelusuran singkat KompasTekno berikut ini.

Lebih cepat, lebih banyak kendali

Di belakang lensa Fujinon 23 mm F2 yang legendaris, X100F kini menggunakan sensor APS-C 24 megapiksel X-Trans III dan prosesor pengolah gambar X Processor pro yang "diwarisi" dari X-Pro2.  Selain mendapat simulasi film B&W Acros, aspek kinerja X100F juga meningkat dengan adanya kombinasi sensor dan chip tersebut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak depan Fujifilm X100F. Lampu LED AF-Assist kini dipindahkan menjadi sejajar dengan unit flash.

Startup time X100F diklaim hanya 0,5 detik sehingga lekas siaga saat muncul peluang memotret secara tiba-tiba. Jeda antar shooting sependek 0,2 detik, sementara penguncian fokus disebut bisa dilakukan dalam waktu hanya 0,08 detik.

Perubahan yang lebih penting datang dari segi fisik. Meski X100F mempertahankan desain ala rangefinder lawas yang menjadi ciri khas seri X100, Fujifilm menerapkan sejumlah perombakan signifikan pada kamera ini.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi belakang X100F. Tampak tombol-tombol kendali yang tadinya berada di kiri layar pada X100T sudah dipindahkan seluruhnya ke sisi kanan sehingga gampang diraih dengan ibu jari tangan kanan.

Sisi depan X100F, misalnya, kini memuat front dial sehingga jumlah command dial yang ada berjumlah dua buah. Hal tersebut mempercepat pengoperasian karena pengguna bisa mengubah dua parameter pemotretan sekaligus dengan menggunakan jari telunjuk (front dial) dan ibu jari (rear dial).

Ada juga tambahan joystick di sisi belakang X100F. Lokasinya persis di atas tombol playback di deretan tombol kendali yang posisinya kini dipindahkan ke sisi bagian kanan untuk mempermudah penggunaan dengan satu tangan (one-handed operation dengan tangan kanan).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com X100F dibekali joystick untuk memilih titik AF yang aktif, seperti pada X-T2 dan X-Pro2.

Seperti pada X-T2 dan X-Pro2, joystick ini bisa dipakai untuk memilih titik AF yang aktif, termasuk ketika pengguna membidik melalui viewfinder hybrid X100F. Jumlah titik AF yang bisa dipilih berjumlah 91 buah yang bisa diekspansi lebih jauh menjadi 325 titik, sama seperti sistem AF pada X-T2 dan X-Pro2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.