10 Video Iklan Terbaik YouTube Indonesia Juli-Desember 2016

Kompas.com - 24/01/2017, 18:46 WIB
(ki-ka) Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia; Nirmala Hapsari, Associate Partner Mindshare; dan Afianto Makmun, Executive Director Mullen Lowe saat pengumuman 10 video iklan terbaik di YouTube, Selasa (24/1/2017) Google(ki-ka) Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia; Nirmala Hapsari, Associate Partner Mindshare; dan Afianto Makmun, Executive Director Mullen Lowe saat pengumuman 10 video iklan terbaik di YouTube, Selasa (24/1/2017)
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Google merilis daftar iklan yang paling populer sepanjang paruh kedua 2016 lalu, yakni antara Juli hingga Desember. Daftar ini mencakup 10 iklan teratas di YouTube Indonesia yang paling banyak mendapatkan apresiasi dari para penonton.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami menambahkan, kriteria pemilihan video tersebut juga berdasarkan popularitas dan tingkat promosi video di YouTube.

"Kita melihat seberapa banyak orang yang share, seberapa banyak orang nonton, dan menarik atau tidak," tutur Veronica kepada wartawan di Kantor Google Indonesia, Selasa (24/1/2017).

Salah satu video yang masuk ke daftar yang disebut oleh Leaderboard ini adalah iklan dari Tokopedia yang bertema Ramadhan dan mengharukan.

Menurut Veronica, ada satu kesamaan dari video dalam daftar tersebut. Mayoritas video sama-sama memiliki alur cerita atau story telling.

"Pada dasarnya, orang Indonesia suka yang ada drama atau ceritanya," kata Veronica.

Fakta menarik lainnya, 8 dari 10 video di Leaderboard kali ini punya durasi yang panjang, yakni di atas 30 detik. Bahkan, ada yang berdurasi antara 5 hingga 6 menit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Ibu Ini Bangun Rumah Berbekal Video Tutorial di YouTube

Veronica juga membeberkan data perbandingan antara kuartal II 2015 dan kuartal II 2016. Orang Indonesia dikatakan jumlah jam dari konten yang diunggah meningkat 170 persen. Sedangkan durasi menonton di perangkat seluler naik 130 persen.

Hal ini menjadikan YouTube sebagai pilihan yang tepat bagi sebuah merek untuk menjangkau audiens dari segala usia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X