Siaran Langsung Instagram Live Stories Sudah Bisa Dijajal di Indonesia

Kompas.com - 25/01/2017, 10:29 WIB
Ilustrasi live streaming Instagram. Tayangan live di Instagram hanya bisa disaksikan saat berlangsung, namun Instagram menyertakan laman khusus (top live video) berisi tayangan-tayangan live streaming yang sedang disiarkan untuk mempermudah pengguna. InstagramIlustrasi live streaming Instagram. Tayangan live di Instagram hanya bisa disaksikan saat berlangsung, namun Instagram menyertakan laman khusus (top live video) berisi tayangan-tayangan live streaming yang sedang disiarkan untuk mempermudah pengguna.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Instagram Live Stories, yakni fitur untuk menayangkan video siaran langsung di media sosial berbagi foto tersebut, akhirnya bisa digunakan di Indonesia. Fitur ini sudah bisa dijalankan di Instagram versi iOS dan Android.

"Fitur video siaran langsung di Instagram Stories sudah bisa digunakan di Indonesia mulai hari ini dan segera dirilis secara global," sebut Instagram dalam keterangan resminya pada KompasTekno, Rabu (25/1/2017).

Untuk mengakses fitur siaran langsung tersebut, pengguna sebaiknya memperbarui Instagram versi terbaru. Setelah itu, buka aplikasi dan masuk ke menu Stories, yang ada di kiri atas layar. Selanjutnya, perhatikan pilihan mode pengambilan gambar yang terdapat di bawah tombol kamera.

Bila akun Anda sudah bisa melakukan siaran langsung, di bawah tombol mode pengambilan gambar itu terdapat pilihan "Live" . Cukup sentuh tombol itu, geser jari Anda ke arah kanan untuk mengaksesnya dan tekan tombol Start Live Video yang muncul.

Baca: Instagram Stories Resmi Dukung Live Streaming

Selain itu, Instagram juga telah menambahkan opsi Top Live di kolom Explore. Isinya berupa  akun-akun yang memiliki banyak pengikut dan sedang menayangkan siaran langsung.

Dari sisi konsep, siaran langsung di Instagram bisa dikatakan mirip dengan siaran langsung di Facebook atau Periscope. Ketika pengguna mulai siaran langsung, pengikutnya akan diberi tahu sehingga bisa meyaksikan siaran tersebut. Penonton pun bisa berkomentar dan melontarkan ikon hati kepada pemilik video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaannya adalah dalam hal durasi. Instagram hanya mengizinkan video siaran langsung dengan durasi maksimal satu jam. Setelah selesai melakukan siaran, video tersebut pun bakal langsung menghilang.

Sebelumnya, beberapa pekan lalu Instagram telah merilis fitur siaran langsung tersebut. Namun, baru beberapa orang terpilih saja yang bisa melakukan siaran, sedangkan para pengguna pada umumnya hanya bisa menonton.

Untuk mengunduh aplikasi Instagram di iOS, silahkan kunjungi tautan berikut ini. Sementara itu, untuk versi Android, ada di tautan berikut ini.

Baca: Baru Tiba di Indonesia, Begini Cara Live di Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.