Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Tiba di Indonesia, Begini Cara "Live" di Instagram

Kompas.com - 25/01/2017, 21:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Setelah dirilis untuk beberapa akun terpilih, fitur Live Stories di Instagram akhirnya bisa dinikmati semua pengguna, termasuk di Indonesia, pada hari ini, Rabu (25/1/2017).

Mekanisme dan fungsinya lebih kurang sama dengan Facebook Live atau Periscope. Pengguna bisa menyiarkan langsung sebuah kegiatan dalam bentuk video dan ditonton secara real-time oleh pengikut.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Live Stories? Pertama-tama, Anda harus memperbarui aplikasi Instagram di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

Selanjutnya, cukup buka apikasi dan masuk ke menu Stories yang terpampang di sisi kiri atas layar. Anda akan disodorkan beberapa pilihan mode pengambilan gambar yang terpatri di bawah tombol kamera.

Mode "Live" terdapat di sisi paling kiri. Cukup geser jari ke arah kanan dan tekan tombol "Start Live Video" untuk mulai menyiarkan langsung.

Instagram membatasi video penyiaran langsung hingga satu jam. Tentu saja Anda bisa membuat konten yang lebih singkat sesuai kebutuhan.

Ketika mulai siaran langsung, pengikut akan diberi tahu sehingga bisa menyaksikan konten Anda. Selain itu, pengikut juga bisa berkomentar dan memberi ikon hati untuk video Anda.

Ketika Anda mengakhiri siaran langsung, konten Anda akan musnah untuk selama-lamanya dari Instagram. Pengikut yang kelewatan tak bisa menyaksikan siaran ulang.

Prinsip inilah yang menjadi pembeda utama antara fitur Live Stories dan Stories standar di Instagram.

Perhatikan imbuhan "Live"

Bagi Anda yang posisinya sebagai penikmat, perbedaan Live Stories dan Stories terletak pada imbuhan kata "Live". Kedua jenis konten itu sama-sama terletak di sisi atas antarmuka aplikasi Instagram.

Video Live Stories akan dilengkapi dengan ikon "Live" berwarna merah muda di bawah bulatan konten. Sementara itu, Stories standar cuma berbentuk bulatan seperti yang biasa dilihat sebelumnya.

Anda bisa berkomentar langsung di konten Live. Sementara itu, di konten Stories, komentar Anda akan masuk sebagai pesan personal ke akun teman yang membagi konten.

Seiring dengan diluncurkannya fitur ini, Instagram juga menambahkan opsi "Top Live" di kolom "Explore". Isinya berupa akun-akun yang memiliki banyak pengikut dan sedang menayangkan siaran langsung.

Selamat menyiarkan langsung dan menikmati konten siaran langsung di Instagram!

Baca juga: Begini Cara Membuat “Stories” di Instagram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com