Cari Kata Makian di Twitter, Hasilnya Malah Akun Donald Trump

Kompas.com - 26/01/2017, 09:35 WIB
Presiden AS Donald Trump. Nicholas Kamm / AFP Presiden AS Donald Trump.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Bingung mencari akun Twitter Donald Trump? Ketik kata makian "as*hole" di kolom pencarian Twitter, niscaya akun Presiden Amerika Serikat itulah yang akan muncul di urutan pertama daftar rekomendasi.

Hal tersebut ramai menjadi pembicaraan di Twitter pekan ini. Belum diketahui mengapa pencarian kata makian tersebut bisa membuahkan rekomendasi akun Trump di handle @realDonaldTrump.

Yang jelas, kata makian kasar dalam bahasa Inggris tersebut biasa dipakai untuk mengacu pada orang yang menyebalkan.

Twitter Pencarian kata makian di Twitter membuahkan akun Donald Trump di hasil search.

Boleh jadi banyak pengguna Twitter yang memaki Trump dengan kata tersebut. Karena itu, lama-kelamaan, mungkin algoritma search Twitter mengasosiasikan kata "as*hole" dengan akun Trump, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (26/1/2017).

Baca juga: Trump Presiden AS, Silicon Valley Ingin Pisah dan Jadi Negara Sendiri

Memang, muncul juga rekomendasi akun-akun lain ketika pengguna mengetik kata makian tersebut di kolom pencarian Twitter.

Namun, kecuali Trump, para pengguna yang muncul dari hasil search itu memang sengaja mencantumkan kata "as*hole" dalam deskripsi profil sehingga wajar ikut ditampilkan. Sementara itu, Trump tidak dengan sengaja menyebut diri sebagai "as*hole".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

TechCrunch Kecuali Trump, akun-akun lain yang masuk di hasil pencarian memang sengaja mencantumkan kata makian tersebut di profil.

Selain "as*hole", pencarian dengan kata kunci lain berupa "tiny hands" juga membuahkan akun Twitter Trump di daftar rekomendasi.

Trump sendiri sebenarnya sudah mendapat akun Twitter resmi Presiden AS di handle @POTUS (President of the United States), tetapi dia ngotot ingin tetap berkicau lewat akun pribadinya di @realDonaldTrump.

KompasTekno telah menghubungi Twitter Indonesia untuk meminta tanggapan soal pencarian kata makian yang membuahkan akun Donald Trump ini, tetapi belum memperoleh respons.

Baca: Tweet Pertama Obama Setelah Tak Jadi Presiden AS Dapat Jutaan Likes



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.