Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 6 Sudah Ada di Tokopedia dan Bukalapak

Kompas.com - 27/01/2017, 10:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Nokia 6 yang dirilis pada awal Januari ini merupakan produk eksklusif untuk masyarakat China. Hal itu dikemukakan HMD Global selaku pemegang lisensi merek "Nokia".

Namun, masyarakat di belahan dunia lain agaknya juga ingin kebagian Nokia 6. Karena tak bisa masuk lewat jalur resmi, Nokia 6 pun didistribusikan secara ilegal alias "black market" (BM) di beberapa negara termasuk Indonesia.
 
Pantauan KompasTekno, Jumat(27/1/2017), Nokia 6 sudah tersedia di situs jual beli online Tokopedia dan Bukalapak. Penjual menggunakan mekanisme pemesanan alias pre-order.

Pembeli harus memesan terlebih dahulu dan menunggu selama dua minggu untuk menggenggam Nokia 6. Penjual juga menawarkan opsi cicilan nol persen dalam jangka tiga hingga 12 kali untuk memikat pembeli.

Meski demikian, harga Nokia 6 yang ditawarkan penjual di Bukalapak dan Tokopedia jauh di atas harga resmi yang dipatok HMD Global.

Satu unit Nokia 6 di Bukalapak dan Tokopedia dipatok Rp 5,2 jutaan hingga Rp 5,9 jutaan. Padahal, ponsel itu sejatinya dihargai 1.699 yuan atau setara Rp 3,2 jutaan.

Baca: Melihat Lebih Dekat Smartphone Android Nokia 6

Di Filipina juga sudah ada

Lain Indonesia, lain pula Filipina. Di Negeri Lumbung Padi tersebut, situs jual beli online yang menyediakan Nokia 6 adalah Lazada.

KompasTekno sudah mengecek ketersediaan Nokia 6 di Lazada Indonesia, namun yang ditemukan malah ponsel-ponsel Nokia lawas yang dibubuhi embel-embel "6". Nokia 6 tak tersedia sama sekali.

Di Lazada Filipina, Nokia 6 dijual 18.590 PHP atau sekitar Rp 4,9 jutaan. Varian yang tersedia cuma warna putih.

Diketahui, Nokia 6 adalah produk yang menandai comeback-nya Nokia ke industri smartphone pasca lepas dari Microsoft. Ponsel ini menyasar kelas menengah ke bawah.

Spesifikasi ponsel 5,5 inci tersebut meliputi prosesor Snapdragon 430, kamera 16 megapiksel dan 8 megapiksel, memori 64GB, RAM 4GB, dual SIM, serta memiliki slot microSD hingga 128 GB.

Baca: Nokia 6 Tandai Kebangkitan Nokia di Industri Smartphone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com