Pendapatan Intel Naik berkat PC dan Data Center

Kompas.com - 27/01/2017, 14:59 WIB
Pesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia Oik Yusuf/KompasTeknoPesawat terbang melintas di atas gedung fasilitas uji produk Intel di Penang, Malaysia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan produsen chipset Intel merilis laporan keuangan untuk kuartal-IV 2016 yang berakhir pada 21 Desember. Pendapatan Intel  tercatat naik sebesar 9,8 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal tersebut disebabkan oleh pasar PC yang mulai stabil dan angka permintaan yang meningkat terhadap layanan-layanan data center Intel.

CEO Intel Brian Krzanich mengatakan penjualan client computing, termasuk prosesor untuk desktop dan laptop, mencatat harga rata-rata yang lebih tinggi karena minat konsumen bergeser ke arah komputer gaming dan high-end.

“Kuartal-IV merupakan penutupan yang baik untuk tahun ini,” ujar Krzanich dalam konferensi usai pengumuman laporan keuangan Intel, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Jumat (27/1/2017).

Dari segmen data center, pendapatan layanan cloud Intel naik 24 persen, sementara layanan komunikasi tumbuh 19 persen.

Krzanich menyatakan optimis penggunaan data cloud bakal semakin meningkat di masa depan sehingga ikut mendongkrak penjualan prosesor Intel.

Sementara itu, di ranah mobile, setelah keluar dari bisnis chip smartphone, Intel mengalihkan fokus ke produksi chip wireless 4G dan Wi-Fi, serta mengembangkan solusi 5G.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pendapatan keseluruhan Intel pada 2016 tercatat sebesar 59,4 miliar dollar AS, dengan net income 10,3 miliar dollar AS. Tahun sebelumnya, pendapatan keseluruhan diketahui mencapai 55,4 miliar dollar AS dengan net income 11,3 miliar dollar AS.

Baca: Tinggalkan PC dan Smartphone, Intel Mau Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.