Kompas.com - 28/01/2017, 07:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pernah salah mengirim pesan di WhatsApp dan berharap bisa menariknya kembali? WhatsApp kabarnya sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan hal tersebut.

Keberadaan fitur "anti-keceplosan" bernama Recall itu diketahui lewat WhatsApp versi beta di platform Android. Belakangan beredar screenshot yang mengklaim menunjukkan cara kerjanya dalam aplikasi.

Untuk memakai fitur penarikan pesan, pengguna WhatsApp disebut cukup memilih pesan dimaksud dalam percakapan, lalu memilih opsi untuk menariknya.

Penarikan hanya bisa dilakukan terhadap pesan yang sudah terkirim, tetapi belum dibaca oleh penerima (ditandai dengan dua tanda centang berwarna biru).

Selain itu, ada juga fitur penyuntingan pesan yang memungkinkan pengguna menyunting (edit) pesan terkirim.

@WABetaInfo Dua screenshot yang diklaim memeprlihatkan fitur recall pesan (kiri) dan editing pesan di aplikasi WhatsApp Android versi beta.

Seperti fitur penarikan, kemampuan menyunting pesan ini kabarnya hanya berlaku untuk pesan yang sudah terkirim, tetapi belum dibaca.

Fitur recall dan editing pesan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Sabtu (28/1/2017), disinyalir sudah terdapat dalam WhatsApp versi beta di Android.

Namun, keduanya dimatikan secara default sehingga harus dinyalakan secara manual oleh pengguna.

Belum jelas kapan WhatsApp akan meresmikan fitur recall dan editing pesan di aplikasinya. Layanan sejenis macam Telegram dan BBM diketahui sudah lebih dulu menerapkan fitur serupa.

Baca: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.