Kompas.com - 29/01/2017, 15:17 WIB
Snapchat SnapchatSnapchat
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Rencana Snap (perusahaan induk Snapchat) untuk membuka penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) sudah terendus sejak beberapa bulan lalu. Kabar teranyar mengatakan Snap bakal mendaftarkan diri ke bursa saham pada akhir pekan depan.

Jika benar, IPO Snap diperkirakan berlangsung pada Maret 2017, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Minggu (29/1/2017).

Menurut sumber, nilai valuasi Snap mencapai 25 miliar dollar AS atau setara Rp 333 triliun. Nilai itu bisa meningkat jika banyak yang berminat pada saham Snap.

Sejauh ini, menurut sumber dalam, penawaran untuk saham publik Snap dipimpin oleh Morgan Stanley dan Goldman Sachs, diikuti beberapa perusahaan perbankan lainnya. Ini akan jadi IPO yang unik untuk industri teknologi, sebab bukan merupakan kemenangan Silicon Valley.

Baca: Tampilan Aplikasi Snapchat Akan Dirombak Besar-besaran

Pasalnya, Evan Spiegel yang mendirikan Snap tak memilih Silicon Valley sebagai markasnya. Ia mengembangkan aplikasi berbagi video Snapchat sebagai produk utama Snap dari nol hingga seperti sekarang di kantor yang terletak di California Selatan.

Snapchat memungkinkan pengguna berkomunikasi via video dengan beragam stiker dan filter menggemaskan. Demografi pengguna Snapchat awalnya dimulai dari 14 tahun hingga 25 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, seiring dengan inovasi yang dilakukan, Spiegel mengklaim saat ini setengah dari pengguna barunya berumur di atas 25 tahun.

Diketahui, sebelum mendaftarkan IPO, Snap telah mendaftarkan sahamnya secara privat ke Komisi Saham dan Sekuritas (SEC) pada akhir tahun lalu. Rencana IPO sendiri merupakan tahapan lanjutan, di mana Snap bersedia membuka laporan keuangan dan inti bisnisnya ke publik.

Baca: WhatsApp Punya Fitur Tersembunyi Mirip Snapchat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.