Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi AS Periksa Isi Facebook Imigran di Perbatasan

Kompas.com - 30/01/2017, 10:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Para imigran dari negara tertentu yang ingin masuk ke Amerika Serikat (AS) dikenakan syarat tambahan, yakni memperlihatkan isi Facebook mereka pada petugas perbatasan.

Hal ini sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Senin (30/1/2017), diketahui berdasarkan informasi dari salah satu anggota American Immigration Lawyer Association, Mana Yegani.

Menurutnya, imigrasi AS sedang mempertimbangkan untuk memberi izin masuk pada para imigran pemegang kartu hijau (green card). Namun, izin masuk tersebut tidak diberikan secara merata, melainkan berdasarkan kasus per kasus.

Sebelum diberi izin masuk, para imigran diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan dan menunjukkan akun Facebook-nya. Yegani mengatakan, salah satu topik yang ditanyakan adalah mengenai pandangan politik imigran tersebut.

Baca: Imigrasi AS Kini Juga Periksa Akun Medsos

“Petugas imigrasi AS memberikan izin masuk pada pemilik kartu hijau berdasarkan kasus per kasus -dengan terlebih dulu menanyakan soal pandangan politik, mengecek posting-an Facebook, dan lainnya,” kicau Yegani melalui akun Twitter miliknya.

Sementara itu, menurut Yegani, para pengacara lain dari asosiasinya juga melaporkan bahwa ada juga imigran tertentu yang melalui proses pengecekan ponsel. Pengecekan tersebut dilakukan oleh petugas imigrasi saat sang imigran sedang dalam proses interogasi.

Seperti diketahui, Predisen AS Donald Trump mengeluarkan larangan masuk terhadap imigran dari tujuh negara, yakni Suriah, Irak, Iran, Sudan, Somalia, Yaman, serta Libya.

Pasca larangan itu berlaku, banyak orang yang kesulitan masuk dan terjebak di perbatasan. Padahal di antara mereka banyak juga yang sudah mengantongi kartu hijau atau izin untuk tinggal.

Aturan itu pun mendapat tentangan dan komentar dari berbagai pihak, beberapa di antaranya disuarakan oleh bos besar perusahaan teknologi, sepeti Uber, Google, Airbnb dan sebagainya.

Baca: Reaksi Bos-bos Perusahaan Teknologi AS Setelah Trump Serukan Anti-imigran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com