Fitur Baru Facebook Permudah Pengguna Jaga Privasi

Kompas.com - 30/01/2017, 18:06 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Tak semua informasi yang diunggah ke jejaring sosial dimaksudkan untuk dilihat orang lain. Sebagian ada yang bersifat privat atau hanya untuk kalangan terbatas.

Sebab itulah Facebook memperkenalkan fitur Privacy Basics pada 2014 untuk membantu pengguna dalam menentukan siapa saja yang bisa melihat informasi mereka.

Pekan lalu, raksasa jejaring sosial tersebut memperbarui laman Privacy Basics agar aneka panduan di lamanya bisa lebih mudah dimengerti.

“Privacy Basics memberikan Anda tips untuk hal-hal seperti melindungi akun Anda, memahami siapa yang bisa melihat posting Anda, dan mengetahui tampilan profil Anda saat dilihat oleh orang lain,” sebut Facebook dalam pernyataan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (30/1/2017).

Baca: Trump Serukan Anti-imigran, CEO Facebook Curhat Istrinya Keturunan China

Privacy Basics menyediakan pilihan topik populer berupa pertanyaan yang paling sering ditanyakan di Facebook berikut jawabannya. Contohnya, seperti cara memilih siapa saja yang bisa melihat foto unggahan pengguna dan mengatur siapa yang bisa melihat tulisan komentar pengguna.

Ada juga panduan langkah-langkah untuk menjaga privasi dan keamanan, seperti menyalakan login approval agar Facebook mengirim kode sekuriti tiap kali pengguna melakukan login dari perangkat berbeda.

Setiap panduan disertai animasi dan deskripsi sederhana untuk memastikan bahwa pengguna benar-benar mengerti langkah dimaksud.

Secara keseluruhan ada 32 panduan interaktif yang tersedia dalam 44 bahasa.

Privacy Basics atau Dasar-dasar Privasi dalam bahasa Indonesia bisa diakses melalui tautan berikut. Bisa pula melalui shortcut privasi berupa icon gembok di pojok kanan atas laman akun Facebook pengguna.

Baca: Zuckerberg Bakal Datang ke Indonesia untuk Bahas Hoax di Facebook?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.