Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Tongkol dan "Hoax" Disleksia: Meramu Kebohongan demi Simpati

Kompas.com - 01/02/2017, 11:32 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis


KOMPAS.com - Pada Minggu terakhir Januari 2017, beredar dengan sangat viral video AR, anak sekolah yang salah sebut ikan tongkol ketika ditanya oleh Presiden Jokowi. Video tersebut viral di internet karena ketidak-mampuan anak tersebut menyebutkan kata tongkol dengan benar.

Jika hal ini terjadi pada kita, tentunya akan malu sekali. Meskipun bagi sebagian orang cukup lucu dan mengejutkan, namun menertawakan kekurangan seseorang apalagi mem-bully anak tersebut merupakan tindakan yang kurang bijak dan bisa berdampak buruk bagi pengembangan anak.

Karena itulah beberapa hari kemudian beredar informasi lain yang cukup ramai di-broadcast dan sempat dikutip oleh beberapa media online (lihat gambar di bawah) yang pada dasarnya membela anak tersebut lengkap dengan klaim bahwa anak tersebut yatim piatu, menderita disleksia dengan membawa-bawa nama endorser Noviana Dibyantari, Koordinator Komunitas Difabel Semarang.

Informasi bahwa AR mengidap disleksia langsung viral.Ist Informasi bahwa AR mengidap disleksia langsung viral.

Hal menarik yang ingin Vaksincom bahas disini adalah teknik pembuatan hoax yang terkandung dalam broadcast yang disebarkan oleh pembuat broadcast hoax tersebut.

Dari tujuannya, dapat dikatakan bertujuan baik karena mengajarkan penerima broadcast/ berita untuk tidak mem-bully atau menertawakan ketidakmampuan seseorang. Namun cara yang digunakan kurang terpuji dan disinyalir memanipulasi data dan sarat rekayasa sosial, sehingga informasi yang kurang akurat tersebut menyebar dengan sangat cepat.

Adapun salah satu versi dari broadcast yang menyebar melalui grup Whatsapp adalah sebagai berikut :

<<<awal broadcast Hoax>>>

Mentertawakan Kemalangan Saudara Sendiri

Bapak Ibu pernah melihat video ini ? video berdurasi singkat ikhwal anak SD yang menjawab pertanyaan Pak Presiden tentang nama-nama ikan. Viral banget yaa...

Video ini sukses membuat jutaan pemirsa di Indonesia ngakak guling-guling saat mendengar jawaban sang bocah yang lugas dan teramat polos. Jawaban itu tak lain adalah nama ikan yang seharusnya adalah ikan Tongkol  , namun dilafalkan terbalik menjadi nama alat vital laki-laki dalam bahasa Sunda/Jawa.

Dan sang pengunggah video inipun menuai jutaan klik yang artinya adalah mengalirnya sejumlah uang ke dalam pundi-pundinya.

Saya termasuk yang sempat tersenyum simpul saat mendapat share video ini, asli sama sekali tidak mengetahui latar balakang pembuatan video ini, dan siapa bocah polos berseragam putih merah yang sanggup memancing tawa dan senyum bahkan bapak Presiden RI.
Namun betapa menyesalnya saya, setelah saya mengetahui siapa adik cilik nan lucu ini.

Ternyata ia adalah Akhsan, seorang anak penyandang difabel Dyslexia (penderita kesulitan berbicara/membaca/mengucapkan kata-kata yg mirip) yang baru satu minggu mengikuti terapi, dan Akhsan adalah seorang anak yatim piatu .

Menurut Noviana Dibyantari, Koordinator Komunitas Difabel Semarang, Akhsan setiap hari menulis surat pada Ibunya.

Surat yang tak kunjung berbalas tentu saja. Akhsan kecil terus saja melakukan itu, karena ia tak mengerti bahwa Mamanya telah tiada.

Jadi teman-teman, Bapak Ibu, mari berhenti menshare video ini, karena ada bocah kecil malang yang nantinya akan terus ditertawakan. Akhsan itu saudara kita, anak Indonesia yang harus dibantu dan disayangi, alih-alih dijadikan bahan olok-olok karena kekurangannya.

- Bu Anni Albayan -

Semoga bermanfaat ??

<<<akhir broadcast Hoax>>>

Rekayasa sosial

Rekayasa sosial utama yang dipergunakan sebagai senjata untuk membuat penerimanya merasa bersalah, lalu secara tidak sadar untuk menebus kesalahannya ia ikut mem-broadcast pesan hoax tersebut.

Adapun data yang digunakan untuk membuat penerima broadcast ini merasa bersalah adalah AR disebut sebagai :
•    Penyandang difabel Dyslexia
•    Anak yatim piatu
•    Setiap hari menulis surat kepada ibunya
•    Suratnya tak kunjung dibalas

Vaksincom berusaha mencari informasi yang mengkonfirmasikan kebenaran klaim dalam broadcast tersebut, namun tidak berhasil menemukannya. Yang ditemukan malah banyak media online yang bukannya melakukan klarifikasi atas data tersebut, sebaliknya malah mengutip informasi yang tidak jelas sumbernya seperti pada gambar di atas.

Menelusuri endorser yang digunakan Noviana Dibyantari, ia memang benar merupakan Koordinator Komunitas Difabel Semarang, namun tidak ada satu sumber yang dapat dipercaya yang mendukung klaim pada broadcast bahwa Komunitas Difabel Semarang memberikan pernyataan seperti yang diklaim pada broadcast hoax di atas.

Sebagai catatan, AR bersekolah di Ciputat dan berdomisili di Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, sehingga secara jarak dan biaya agak janggal jika diurus oleh komunitas difabel yang berdomisili di Semarang.

Satu-satunya sumber yang dapat dipercaya adalah pernyataan di situs KPAI yang meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan video siswa salah bicara ikan tongkol. Tanpa ada embel-embel penyandang disleksia, anak yatim piatu dan setiap hari menulis surat kepada ibunya yang tidak pernah membalas.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com