Pengguna Aktif Bulanan Facebook Dekati Angka 2 Miliar - Kompas.com

Pengguna Aktif Bulanan Facebook Dekati Angka 2 Miliar

Kompas.com - 02/02/2017, 10:13 WIB
Digital Trends Ilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Jumlah pengguna aktif bulanan alias monthly active users (MAU) Facebook mendekati angka 2 miliar. Selama kuartal keempat 2016, Facebook melaporkan MAU-nya berada pada angka 1,86 miliar atau meningkat 17 persen dari tahun ke tahun.

Sementara itu, rata-rata pengguna aktif harian atau daily active users (DAU) Facebook mencapai 1,23 miliar atau meningkat 18 persen dari tahun ke tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (2/2/2017) dari situs resmi Facebook untuk investor.

Dari angka itu, sebanyak 1,15 miliar DAU mengakses Facebook dari perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet. Kontribusi pengguna mobile meningkat 23 persen dari tahun ke tahun.

Baca: Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia Terus Bertambah

Pertumbuhan bisnis Facebook agaknya tak kenal jeda. Hal ini tak lepas dari berbagai inovasi layanan yang digelontorkan.

Saat ini Facebook bukan cuma menjadi platform mencurahkan isi hati lewat teks maupun foto, namun juga menjadi wadah berkarya lewat video berformat standar, siaran langsung alias live, maupun platform 360 derajat.

Facebook bahkan mengindikasikan hendak menyaingi YouTube sebagai platform berbagi video. Jejaring sosial bernuansa biru ini berencana membagi pendapatan iklan untuk para kreator video agar lebih termotivasi berkarya di Facebook.

Dengan pertumbuhan pengguna yang selalu naik, analis memprediksi MAU Facebook mencapai 2 miliar sebelum pertengahan 2017. Tepat atau melesatnya perkiraan itu bisa diketahui dalam beberapa bulan mendatang.

Baca: Pengguna Facebook Makin Jarang Update Status, Ini Alasannya


EditorReska K. Nistanto


Close Ads X