Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Windows Baru untuk Laptop Murah

Kompas.com - 02/02/2017, 18:11 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft dikabarkan sedang membuat sistem operasi Windows baru yang dirancang khusus untuk laptop berbanderol murah. Sistem operasi tersebut saat ini dikenal dengan istilah Windows 10 Cloud.

Pembuatan sistem operasi baru ini disinyalir sebagai upaya untuk menantang Chrome OS, yakni sistem operasi desktop buatan Google.

Artinya, jika nanti muncul laptop yang memakai sistem operasi Windows 10 Cloud, bisa diperkirakan bahwa harganya tidak akan jauh dari laptop-laptop Chrome OS.

Baca: Tersedia 29 Juli, Ini Harga Windows 10 Original

Saat ini referensi mengenai varian baru Windows itu sudah muncul dalam Windows 10 test build. Referensi tersebut hanya menyebutkan nama produk Cloud dan CloudN.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (2/2/2017), keduanya nama tersebut merujuk pada Windows 10 Cloud yang sama, namun berbeda versi. Akhiran N digunakan untuk menunjukkan versi yang tidak menggunakan Media Player bawaan.

Informasi lain yang diketahui adalah kemungkinan bahwa Windows 10 Cloud bisa menggunakan berbagai aplikasi universal dari Windows Store.

Saat ini belum jelas kapan Microsoft bakal benar-benar meluncurkan Windows 10 Cloud. Namun bisa saja raksasa piranti lunak itu merilisnya dalam waktu dekat, misalnya bersamaan dengan rencana pembaruan Windows 10 di akhir tahun ini.

Nama Windows 10 Cloud sendiri hanya merupakan sebutan saja dan tidak berarti sistem operasi tersebut ditenagai komputasi awan. Jika sistem operasi tersebut benar meluncur, bisa jadi Microsoft akan memakai nama lain.

Baca juga: Cara Cabut Flashdisk Tanpa Safe Remove di Windows

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com