Kurangi “Ketergantungan” dari Intel, Apple Bikin Prosesor Sendiri?

Kompas.com - 03/02/2017, 16:15 WIB
Tampilan macOS Sierra pada Mac. Newsroom AppleTampilan macOS Sierra pada Mac.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak beralih dari PowerPC pada 2005, Apple selalu menggunakan prosesor bikinan Intel di lini komputer Mac besutannya. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa raksasa gadget itu hendak mengurangi “ketergantungan” terhadap Intel.

Caranya bukan dengan serta-merta mengganti prosesor Intel yang tertanam di komputer Mac. Melainkan membikin chip baru yang akan bekerja berdampingan dengan prosesor utama.

Sumber internal Apple yang dikutip Bloomberg menyebutkan bahwa chip baru tersebut nantinya bakal mengambil alih tugas dari prosesor utama saat komputer berada dalam mode hemat daya “Power Nap”.

Ketika berada dalam mode ini, komputer hanya menggunakan sedikit daya. Layar dimatikan, tapi komputer masih sanggup melakukan hal-hal sederhana seperti menerima e-mail, memasang update software, dan sinkronisasi agenda kalender.

Baca: ?Apple Tak Bakal Ada Tanpa Imigran?

Operasional komputer Mac saat berada dalam mode irit daya tersebut selama ini ditangani oleh prosesor utama (Intel). Nah, nantinya, tugas tersebut bakal dialihkan ke chip baru bikinan Apple yang lebih irit daya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (3/2/2017), chip baru bikinan Apple itu disebut sebagai “T310” oleh kalangan internal. Basisnya adalah arsitektur ARM yang memang terkenal hemat energi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sebenarnya sudah menanam chip ARM buatan sendiri di komputer Mac. Bernama T1, chip ARM itu tugasnya menangani operasional layar sentuh Touch Bar yang diintegrasikan di keyboard laptop MacBook Pro terbaru.

Chip T1 beroperasi secara independen dari komponen komputer yang lain dan khusus hanya menangani Touch Bar saja. Untuk T310, chip tersebut kemungkinan bakal memiliki wilayah kerja yang lebih luas dan mampu mengatur kerja komponen lain, termasuk storage dan sistem wireless.

Baca: Pasar PC Turun Lagi, Apple Terbanyak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.