Kompas.com - 04/02/2017, 09:57 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Keinginan Apple untuk mengoperasikan pabrik perakit iPhone di India bakal segera terwujud dalam waktu dekat ini. Kepastian itu didapat dari gubernur negara bagian Karnataka di India setelah menerima proposal dari Apple dan mengizinkan pendirian pabrik di sana.

Rencananya, dikutip KompasTekno dari Mashable, Sabtu (4/2/2017), pabrik tersebut siap beroperasi dalam tiga hingga empat bulan lagi.

"Rencana Apple membangun pabrik di Bengaluru (Ibukota Karnataka) akan mendorong ekosistem teknologi modern dan rantai suplai di negara bagian ini. Hal ini penting bagi India untuk berkompetisi di tingkat global," tulis Priyank Kharge, wakil pemerintah Karnataka.

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Dibangun di Banten

Tujuan utama Apple di balik pendirian pabrik perakitan di India agar perusahaan mendapatkan konsesi pajak. Pada Desember lalu, Apple bersama perusahaan manufaktur Taiwan mulai merakit iPhone dan produk Apple lain di Peenya, pinggiran Bangalore, Karnataka.

Pemerintah India sendiri menawarkan banyak keuntungan bagi perusahaan asing yang ingin membangun pabrik di India. Pasalnya, pembangunan pabrik dari perusahaan multinasional semacam Apple dianggap bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan mempercepat pembangunan kota.

Dengan memproduksi produk Apple di India, maka penjualan produk Apple diharapkan akan terdongkrak. CEO Apple Tim Cook sendiri mengatakan bahwa India adalah tempat yang tepat bagi Apple, mengingat perusahaan tersebut selalu memiliki revenue tinggi dari India.

India memang pasar yang menjanjikan bagi Apple. Dengan lebih dari satu miliar penduduk, baru 300 juta di antaranya yang memiliki smartphone.

Baca: Jalan Panjang Apple Jual iPhone di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.