Kompas.com - 04/02/2017, 15:38 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung tidak pernah menggunakan chipset bikinan MediaTek di smartphone-nya. Namun, kerja sama di antara keduanya tampaknya bakal segera dimulai.

Hal tersebut diketahui dari database situs benchmark GFXBench. Dalam situs tersebut, ketahuan ada sebuah perangkat misterius bernama SM-G615F yang hadir dengan chipset bikinan MediaTek.

Chipset yang digunakan termasuk kelas menengah di jejeran produk MediaTek. Yaitu, Helio P20 2,3 GHz.

Selain itu, smartphone misterius itu dibekali dengan layar berbentang 5,7 inci beresolusi Full HD, RAM 3 GB, dan media penyimpanan 32 GB.

Baca: Samsung Rilis Galaxy A3, A5, dan A7 2017 di Indonesia, Harganya?

Adapun kamera yang digunakan memiliki sensor 12 megapiksel, baik di bagian depan maupun belakang perangkat. Smartphone tersebut menjalankan sistem operasi Android 7.0 "Nougat".

Informasi seputar perangkat ini masih belum terlalu banyak. Nama resmi prangkat itu pun belum diketahui.

Diduga kuat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari SamMobile, Sabtu (4/2/2017), perangkat ini sebenarnya adalah Galaxy On7 versi 2017. Dugaan tersebut muncul dari kemiripan nama model, di mana Galaxy On7 original memiliki seri SM-G600 dan On7 versi 2016 memiliki nama model SM-G610.

Samsung lebih banyak menggunakan chipset bikinan sendiri, Exynos, di perangkatnya. Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga menggunakan chipset Snapdragon bikinan Qualcomm di beberapa perangkatnya.

Samsung sebenarnya sudah beberapa kali dikabarkan bakal bekerja sama dengan MediaTek. Samsung dikatakan ingin menggunakan chipset buatan MediaTek tersebut di perangkat kelas menengah.

Baca: 29 Maret, Samsung Luncurkan Galaxy S8?

MediaTek merupakan vendor chipset asal China. Pabrikan tersebut digadang-gadang sebagai pesaing utama Qualcomm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.