Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Now Bakal Dibuang dari Play Store

Kompas.com - 06/02/2017, 12:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google dikabarkan bakal segera menghapus aplikasi "Google Now Launcher" dari toko digital Play Store. Sebagai gantinya, raksasa internet itu bakal membuka akses terhadap panel Google Now untuk disematkan ke user interface buatan vendor ponsel.

Now Launcher merupakan user interface Android hasil rancangan Google sendiri. Desainnya dibuat sedemikian rupa untuk menonjolkan pengalaman Android murni dan kemudahan untuk mengakses aplikasi Google Now.

Untuk saat ini, pengguna masih bisa mengunduh Now Launcher dari Google Play Store. Namun berdasarkan bocoran informasi dari seorang sumber, Google akan menutup Now Launcher dalam beberapa pekan mendatang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Android Police, Senin (6/2/2017), menurut sumber, tim Android juga sudah mengirim pemberitahuan mengenai rencana penghapusan itu kepada para vendor ponsel.

Dalam e-mail tersebut disebutkan bahwa Google Now Launcher akan menghilang dari Play Store di sekitar kuartal pertama 2017.

Bersamaan dengan pengumuman penghapusan Now Launcher, Google juga membuka akses Search Launcher Services untuk para vendor ponsel. Bagi para vendor, layanan ini berguna untuk menyematkan panel Google Now ke dalam user interface apapun.

Perubahan ini hanya akan berpengaruh pada pengguna yang memakai Now Launcher. Pasalnya saat dihapus nanti, pengguna yang sudah mengunduhnya akan tetap bisa memakai user interface itu, tapi tidak akan mendapatkan pembaruan apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com