Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kicauan-kicauan Twitter SBY yang Menyita Perhatian "Netizen"

Kompas.com - 07/02/2017, 13:20 WIB

KOMPAS.com — Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali menjadi bahan pembicaraan, terutama karena kicauannya belakangan ini di media sosial Twitter. Pada Senin (6/2/2017), misalnya, dia meminta "keadilan" menyusul adanya aksi sejumlah massa di depan rumahnya.

"Saya bertanya kepada Bapak Presiden & Kapolri, apakah saya tidak memiliki hak untuk tinggal di negeri sendiri, dengan hak asasi yang saya miliki?" kicau SBY.

"Saya hanya meminta keadilan. Soal keselamatan jiwa saya, sepenuhnya saya serahkan kepada Allah SWT," tulisnya.

Pernyataan ini langsung dikicaukan ulang oleh lebih dari 1.500 netizen dan mendapat respons beragam, salah satunya dengan tagar "Curhat Lebay".

Berikut sembilan kicauan SBY selama satu tahun terakhir (Februari 2016-Februari 2017) yang paling banyak di-retweet ulang dan menyita perhatian netizen, seperti dikutip KompasTekno dari BBC Indonesia, Selasa (7/2/2017).

1. "Alamatkan saja kepada saya..."


Kicauan pada Februari 2016 ini dibagikan lebih dari 2.100 kali dan ditulis karena SBY merasa bahwa pemerintahannya "masih sering dikambinghitamkan dan disalahkan oleh pihak yang tengah berkuasa".

Ada respons yang pro dan kontra terhadap pernyataan ini. Sebagian mengatakan, "Kepemimpinan bapak gak ada yang salah kok pak."

Lainnya mengatakan, "Pak, Anda itu Presiden RI ke-6. Dan Anda juga jenderal bintang empat. Apa pantas mengeluh di media sosial?"

2. "Jangan mau diadu domba"

Di-retweet hingga 1.644 kali, kicauan pada tanggal 21 Maret 2016 ini dibuat setelah Presiden Joko Widodo mengunjungi proyek mangkrak Hambalang (yang mulai dibangun pada masa kepemimpinan SBY) pada 18 Maret.

Pertanda tidak enak antara kedua figur sebetulnya sudah terasa beberapa pekan sebelumnya ketika SBY mengkritik pemerintahan sekarang terkait konflik dalam PSSI.

"Rakyat mulai lelah, bingung & kehilangan harapan bakal terselesaikannya krisis & kemelut PSSI & persepakbolaan Indonesia," kicaunya pada Februari.

Pada awal Maret SBY melakukan rangkaian kunjungan di Pulau Jawa (Tour de Java) dan dia berpikir bahwa kunjungan Jokowi ke Hambalang punya pesan khusus.

"Jika ada yang bilang Pak Jokowi hancurkan Tour de Java SBY, saya tak percaya. Mengapa saya bertemu kader & rakyat mau dihancurkan? Aspirasi rakyat (yang muncul dalam Tour de Java SBY) bukan untuk dihancurkan, justru harus didengar. Bukankah pemimpin mesti mendengar?"

Dia kemudian berkicau soal "jangan mau diadu domba." Beberapa netizen bertanya, "memang siapa yang mau mengadu domba?" Pertanyaan yang sampai kini belum jelas jawabannya.


3. "Dunia tak seindah yang (Anda) impikan"

"Dunia mungkin tidak seindah yang SBY impikan." Ini menjadi salah satu kicauan SBY yang paling banyak di-retweet oleh netizen.


Tampaknya ini bagian dari ucapan selamat Paskah yang dia nyatakan dua menit kemudian.

"Semoga umat Kristiani yang tengah merayakan Paskah juga bertekad & berupaya untuk membangun Indonesia & dunia yang lebih baik."

4. "Minta pertolongan Tuhan"

Anda masih duduk di bangku SMA? Jika ya, inilah pesan SBY untuk Anda, terutama ketika mengikuti ujian nasional.


Dikicaukan untuk menyemangati siswa-siswi, SBY berpesan, "persiapan yang baik, belajar yang fokus & sungguh-sungguh, serta keyakinan diri yang tinggi adalah kunci sukses."

Tak ketinggalan "mohon pertolongan Tuhan dan restu orang tua."

Baca: Rekor Twitter Presiden SBY Tumbang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com