Bocoran Chipset "Pinecone" Buatan Xiaomi, Ada 2 Versi

Kompas.com - 07/02/2017, 15:18 WIB
Ilustrasi Chipset Xiaomi. IstIlustrasi Chipset Xiaomi.
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kabar tentang Xiaomi yang bakal merilis smartphone Mi 5C yang dibekali dengan chipset buatan mereka sendiri telah beredar. Yang masih menjadi pertayaan, seperti apa detail mengenai chipset yang dinamakan Pinecone itu?

Dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (7/2/2017), chipset Pinecone yang pertama kali bakal diusung Mi 5C disebut-sebut bakal mengusung CPU Cortex A-53 dalam arsitektur delapan inti (octa-core).

Chipset Pinecone dengan arsitektur octa-core itu digadang-gadang bakal menjadi pesaing chipset kelas menengah, Snapdragon 808 buatan Qualcomm.

Baca: Xiaomi Pakai Prosesor Buatan Sendiri di Mi 5C?

Menurut bocoran, ada dua model chipset Pinecone yang menjadikan Xiaomi lebih fleksibel lagi dalam memilih otak pemrosesan bagi smartphone mereka. Kedua model itu memiliki nomor model V670 dan V970. Xiaomi Mi 5C sendiri digadang-gadang mengusung model V670 yang lebih rendah.

V670 sendiri dikabarkan bakal mengusung CPU Cortex-A53 dengan cempat core besar, dan Cortex-A53 dengan empat core kecil. Untuk pemrosesan grafis, dipercayakan kepada GPU Mali-T860 MP4 dnegan clock 800 MHz. Model V670 sendiri kabarnya akan menggunakan proses manufaktur 28 nm.

Sementara seri V970 yang lebih high-end dikatakan baru datang di kuartal empat 2017. Chipset ni dikatakan bakal mengusung CPU octa core dengan konfigurasi satu CPU Cortex-A73 dan satu CPU Cortex-A53 yang masing-masing memiliki empat core.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CPU dalam model V970 disebut memiliki frekuensi clock hingga 2,0 GHz dan clock speed maksimumnya mencapai 2,7 GHz. V970 juga dilengkapi dengan GPU yang lebih superior, yakni Mali G71 MP12 dengan clock speed 900 MHz.

Chipset Pinecone dengan model V970 dikatakan bakal dimanufaktur dengan proses 10 nm, sama dengan proses manufaktur yang dipakai untuk membuat chipset Snapdragon 835 oleh Qualcomm.

Prosesor high-end Xiaomi ini juga bakal diusung dalam model-model smartphone high-end Xiaomi masa mendatang, seperti Mi 6s dan Mi Note 3.

Baca: Resmi, Xiaomi Redmi 3s Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.