Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kata Asus soal Serbuan "Smartphone" China

Kompas.com - 07/02/2017, 17:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China menyerbu Indonesia. Didukung pemasaran yang agresif, merek-merek seperti Oppo dan Lenovo berhasil meraih perolehan pangsa pasar yang signifikan.

Menanggapi hal tersebut, Asus selaku pemilik seri smartphone ZenFone menegaskan bahwa. meskipun memasang harga relatif terjangkau, pihaknya tetap mengedepankan kualitas untuk produk-produk yang ditawarkan.

"Kelihatannya mereka (pabrikan smartphone China) menawarkan harga murah, spesifikasi juga kadang berani. Tapi kualitasnya bisa beda," ujar Product Manager Smartphone Sytem BG Asus Indonesia, Cindy Ferlani, ketika ditemui usai acara peluncuran ZenFone 3 Max di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Cindy mencontohkan komponen kamera. Menurut dia, kualitas kamera bisa berlainan meskipun memiliki angka resolusi yang sama. "Kamera Asus lebih bagus. Jadi, kalau cuma bicara angka ya tidak menunjukkan apa-apa," imbuhnya.

Hal kedua yang disoroti Cindy adalah ketersediaan jaringan purna jual yang memadai dari Asus, untuk membantu konsumen dalam jangka panjang setelah membeli produk.

"Kami percaya end consumer sudah pintar, tinggal search saja soal kepuasan konsumen suatu produk. Soal ini, kami percaya diri bisa menyediakan," pungkasnya.

Baca: Resmi, ZenFone 3 Max Dijual Rp 3,1 Juta di Indonesia

Menguntungkan konsumen

Asus kini menyebut diri masih berada dalam tiga besar pabrikan smartphone penguasa pasar Indonesia. Data dari firma riset IDC yang dirilis akhir 2016 lalu memang menunjukkan bahwa Asus duduk di urutan ketiga dengan pangsa pasar 8,2 persen.

Urutan teratas masih dikuasai Samsung dengan market share 32,2 persen, disusul Oppo dengan 16,7 persen. Di urutan keempat ada Advan dengan perolehan pangsa 6 persen, sementara urutan kelima ditempati Smartfren dan Lenovo yang masing-masing menguasai 5,7 persen.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.