Kompas.com - 08/02/2017, 12:48 WIB
IIustrasi Google Play Store di laptop Chromebook GoogleIIustrasi Google Play Store di laptop Chromebook
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google resmi angkat kaki dari China pada 2010 lalu. Meski demikian, raksasa mesin pencari tersebut masih berusaha masuk kembali ke Negeri Tirai Bambu sejak 2015.

Lebih tepatnya, Google ingin masyarakat China bisa mengoperasikan layanan toko aplikasi Play Store. Lobi Google mulanya ditolak, namun belakangan pemerintah China dikabarkan melunak.

Google boleh meluncurkan Play Store di China dengan syarat tertentu, salah satunya melalui proses penyaringan atau penyensoran. Konten di dalam Play Store itu harus dilokalisasi khusus untuk pasar China.

Dalam hal ini, Google bekerja sama dengan firma lokal China yakni NetEase, sebagaimana dilaporkan GizmoChina dan dihimpun KompasTekno, Rabu (8/2/2017).

Baca: Pemerintah China Melarang Keras Pemakaian VPN

NetEase akan membantu Google merumuskan desain dan konten Play Store yang sesuai dengan kebijakan pemerintah China. Tak dijabarkan secara detail seperti apa Play Store versi China.

Namun, Play Store tersebut diyakini tak akan sebebas yang beroperasi di negara-negara lain. Ada beberapa konten yang bakal disensor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, Google angkat kaki dari China pada 2010 lalu karena menolak menyensor hasil pencarian tertentu pada mesin penelusuran. Kala itu Google dan China sama-sama punya prinsip kuat sehingga Google memilih hengkang.

Kini, menyadari besarnya basis pengguna Android di China, Google pun mau berkompromi asalkan toko aplikasi Play Store bisa masuk ke China. Namun, hingga sekarang belum diketahui kapan tanggal pasti peluncuran Play Store di China. Sumber dalam menyebut tak akan lama lagi di tahun 2017 ini.

Baca: Akhirnya, Oppo Kalahkan iPhone di China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.