Kompas.com - 08/02/2017, 13:52 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - “Cukup ketikkan @[4:0] tanpa spasi pada kolom komentar. Jika yang keluar adalah nama ‘Mark Zuckerberg’ artinya akun Anda aman-aman saja. Jika yang muncul nama lain, maka akun Anda harus di-setting ulang keamanannya.”

Begitu bunyi pesan yang belakangan marak beredar di kalangan pengguna Facebook di Indonesia. Metode yang dijelaskan di dalamnya diklaim mampu mendeteksi apabila akun Facebook pengguna pernah diretas hacker.
 

Reska Koko Nistanto/ KOMPAS.com Isi pesan berisi anjuran memasukkan kode Zuckerberg yang belakangan marak beredar di Facebook.
Tapi benarkah demikian? Pesan serupa sebetulnya sudah pernah beredar di Facebook sejak 2015 lalu. Isinya lebih kurang sama, hanya saja ditulis dalam bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Kode “@[4:0]” sendiri merupakan nomor identifikasi pengguna  dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dalam database jejaring sosial tersebut. Angka “4” dalam kode berarti bahwa Zuckerberg adalah “anggota keempat” dari Facebook.

Hal ini juga dapat dilihat dari URL profil Zuckerberg di Facebook, yakni https://www.facebook.com/profile.php?id=4 yang akan langsung membawa pengguna ke laman sang CEO Facebook.

techcress.com Pesan serupa sebenarnya sudah pernah beredar sejak beberapa waktu lalu.
Nomor 1-3 juga dimiliki oleh Zuckerberg, tapi sudah dihapus karena hanya dipakai untuk keperluan pengujian.

Pengguna lain di Facebook juga dialokasikan kode serupa, seperti @[5:0]  milik Chris Hughes dan @[6:0] milik Dustin Moskovitz.

Keduanya adalah sesama pendiri Facebook dan teman Zuckerberg semasa berkuliah di Harvard.

Sementara itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Intisari Online, Rabu (8/2/2017), karakter “@“ adalah tanda untuk menandai (tagging) pengguna Facebook lain dalam komentar.

Dengan begitu, menulis kode “@[4:0]” sebenarnya sama saja dengan men-tag Zuckerberg dan tak ada kaitannya dengan hacking.

Lalu mengapa sebagian pengguna bisa men-tag Zuckerberg dengan menulis kode @[4:0] di komentar, sementara sebagian lainnya tidak bisa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.