Kompas.com - 10/02/2017, 09:05 WIB
Smartwatch Moto 360 generasi kedua dalam kemasan penjualannya Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comSmartwatch Moto 360 generasi kedua dalam kemasan penjualannya
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Motorola dikabarkan bakal berhenti memproduksi smartwatch Moto 360 generasi 2 dan Moto 360 edisi sport. Indikasi penghentian produksi ini disimpulkan dari cara anak usaha Lenovo itu memperlakukan kedua arloji pintar tersebut

Awalnya, pada awal Januari 2017, Google menghapus Moto 360 generasi dua dari daftar barang di toko online mereka. Pada saat bersamaan, berhembus kabar bahwa Motorola tengah bersiap-siap menutup divisi smartwatch-nya.

Namun entah divisi ini benar-benar ditutup atau tidak, satu hal yang dapat dipastikan adalah bahwa Moto 360 generasi dua dan Moto 360 Sports sudah berhenti diproduksi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (9/2/2017), indikator adanya keputusan penghentian penjualan itu adalah Motorola telah menghapus keterangan harga Moto 360 generasi dua dan Moto 360 Sports di situs resmi mereka.

Sementara itu di beberapa negara, ketersediaan kedua arloji pintar itu pun tidak diperbarui. Bahkan informasi mengenai keduanya sudah dihapus dari situs resmi.

Gelagat penghentian produksi sebenarnya sudah terlihat sejak Google resmi merilis OS Android Wear 2.0. Masalahnya, seiring dengan dirilisnya sistem operasi ini, muncul juga arloji pintar lain yang langsung mengadopsinya dan dibekali dengan kemampuan lebih tinggi dibanding Moto 360 generasi dua atau Moto 360 Sports.

Misalnya, LG Watch Sports dan Verizon Wear24 yang sama-sama sudah mendukung koneksi 4G LTE. Kedua tipe ini bahkan bisa menerima panggilan telepon tanpa harus terhubung ke ponsel pengguna.

Moto 360 generasi dua dan Moto 360 Sports sendiri masih bisa diperoleh dari toko online/offline lain, di luar toko resmi Google atau Motorola. Sedangkan penggunanya masih tetap akan mendapatkan pembaruan ke Android Wear 2.0. Hanya Moto 360 generasi pertama saja yang tidak akan mendapat pembaruan sistem operasi.

Baca: Ini Dia, Harga Jam Motorola Moto 360 di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.