Ratusan Ribu Ponsel Xiaomi Diproduksi di Indonesia Per Bulan

Kompas.com - 11/02/2017, 10:13 WIB
Xiaomi Redmi 3s ini sudah memiliki label Made in Indonesia dan mendukung jaringan 4G LTE Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comXiaomi Redmi 3s ini sudah memiliki label Made in Indonesia dan mendukung jaringan 4G LTE
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi menegaskan komitmennya berbisnis di Tanah Air dengan memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri ( TKDN) yang ditetapkan pemerintah untuk ponsel 4G. Redmi 4A menjadi smartphone pertama yang diproduksi di Indonesia alias made in Indonesia.

Dalam hal ini, Xiaomi bekerja sama dengan PT Erajaya Swasembada, PT Sat Nusapersada, dan TSM Technologies. Pabrikan China tersebut menggunakan fasilitas produksi di pabrik lokal yang terletak di Batam.

Sebagai permulaan, fasilitas produksi Xiaomi di Indonesia mampu menghasilkan 100.000 unit smartphone dalam sebulan. Hal tersebut disampaikan Chief Operation Officer (COO) PT Erajaya Swasembada, Djohan Sutanto.  

"Produksi per bulan di atas 100.000-an, dikerjakan dengan tiga line produksi. Tentunya nilai investasi tersebut signifikan karena membangun untuk seterusnya, bukan hanya saat ini saja," kata Djohan, Jumat (10/2/2017), usai peluncuran Redmi 4A di JW Mariott, Jakarta.

Rencananya, produksi akan terus ditingkatkan hingga 300.000 unit per bulan. Sementara itu, menurut Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang, fasilitas produksi yang dipakai Xiaomi di Batam sebenarnya mampu memproduksi ponsel hingga satu juta unit per bulan. Namun fasilitas itu juga digunakan oleh vendor-vendor ponsel lain.

"Sekitar 1 juta smartphone bisa diproduksi tiap bulan oleh ratusan pekerja lokal," kata dia dalam sesi wawancara khusus bersama KompasTekno..

Ke depan, Xiaomi berkomitmen akan berinvestasi pada pengembangan teknologi dan tenaga kerja engineer di Indonesia. Pasalnya, menurut Wang Xiang, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting Xiaomi.

"Akan banyak kejutan untuk Indonesia di masa mendatang," kata Country Head of Xiaomi Indonesia, Steven Shi Yan, dalam kesempatan yang sama.

Empat smartphone dalam setahun

Sepanjang 2017, Xiaomi menargetkan bakal merilis empat hingga lima smartphone untuk MiFans di Nusantara. Tak dijelaskan model apa saja yang bakal dirilis, namun selentingan kabar yang beredar menyebutkan Redmi 3S dan Redmi Note 4 akan jadi lini berikutnya.

Baca: 4 Smartphone Xiaomi Made in Indonesia Meluncur Tahun Ini

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X