Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Benahi "Bug" Penyebab Salah Hitung "Subscribers"

Kompas.com - 11/02/2017, 16:27 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pada awal minggu ini, sebuah bug atau glitch ditemukan di dalam sistem YouTube. Bug atau error dalam sistem itu membuat  pengurangan jumlah subscriber secara signifikan.

Hal ini dilaporkan para pembuat konten alias YouTuber lewat channel masing-masing, salah satunya PewDiePie yang kehilangan 69.000 subscribers dalam satu jam.

YouTube telah menginvestigasi masalah ini, dan menemukan penyebabnya. Menurut keterangan juru bicara YouTube yang diterima KompasTekno, Sabtu (11/2/2017), bug tersebut menyebabkan penghitungan jumlah subscriber yang tidak akurat.

Baca: Ada Glitch di YouTube, Jumlah Subscriber Turun Drastis

"Kami menemukan bug yang membuat perubahan jumlah subscriber ditampilkan tidak akurat di beberapa kanal dalam rentang waktu tertentu," ujar juru bicara YouTube.

"Saat satu pengguna berhenti mengikuti (unsubscribe) kanal YouTube, kami menghitungnya berkurang dua, alih-alih satu," lanjutnya.

Menurut YouTube, bug tersebut kini telah diperbaiki dan jumlah subscriber telah dikoreksi.

Penjelasan resmi YouTube itu sesuai dengan analisis YouTuber BlackScreenTV yang mengatakan tiap kali ada yang mengklik "unsubscribe" pada channel YouTube-nya, ia kehilangan dua subscriber sekaligus.

Selain itu, kebiasaan netizen yang kerap menekan tombol "subscribe" lalu "unsubscribe" berturut-turut tentu bisa berdampak signifikan pada pengurangan jumlah subscriber.

Baca: Celah di YouTube Dipakai Simpan Video Porno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com