Kompas.com - 11/02/2017, 16:27 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pada awal minggu ini, sebuah bug atau glitch ditemukan di dalam sistem YouTube. Bug atau error dalam sistem itu membuat  pengurangan jumlah subscriber secara signifikan.

Hal ini dilaporkan para pembuat konten alias YouTuber lewat channel masing-masing, salah satunya PewDiePie yang kehilangan 69.000 subscribers dalam satu jam.

YouTube telah menginvestigasi masalah ini, dan menemukan penyebabnya. Menurut keterangan juru bicara YouTube yang diterima KompasTekno, Sabtu (11/2/2017), bug tersebut menyebabkan penghitungan jumlah subscriber yang tidak akurat.

Baca: Ada Glitch di YouTube, Jumlah Subscriber Turun Drastis

"Kami menemukan bug yang membuat perubahan jumlah subscriber ditampilkan tidak akurat di beberapa kanal dalam rentang waktu tertentu," ujar juru bicara YouTube.

"Saat satu pengguna berhenti mengikuti (unsubscribe) kanal YouTube, kami menghitungnya berkurang dua, alih-alih satu," lanjutnya.

Menurut YouTube, bug tersebut kini telah diperbaiki dan jumlah subscriber telah dikoreksi.

Penjelasan resmi YouTube itu sesuai dengan analisis YouTuber BlackScreenTV yang mengatakan tiap kali ada yang mengklik "unsubscribe" pada channel YouTube-nya, ia kehilangan dua subscriber sekaligus.

Selain itu, kebiasaan netizen yang kerap menekan tombol "subscribe" lalu "unsubscribe" berturut-turut tentu bisa berdampak signifikan pada pengurangan jumlah subscriber.

Baca: Celah di YouTube Dipakai Simpan Video Porno

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.