Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry 10 Hampir Lenyap dari Dunia "Smartphone"

Kompas.com - 16/02/2017, 11:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry 10 pertama kali diluncurkan pada 2013 di smartphone BlackBerry Z10. Platform mobile asli bikinan BlackBerry itu digadang-gadang bakal menjadi lawan Android dan iOS.

Apa daya, kiprahnya di pasaran malah terpuruk. Perangkat-perangkat BlackBerry 10 gagal menarik minat konsumen.

Kini, firma riset Gartner melaporkan bahwa BlackBerry 10 hampir lenyap dari pasaran smartphone dunia. Pangsanya pada kuartal terakhir 2016 telah menyusut hingga kurang dari 0,1 persen, tepatnya 0,0481 persen.

Bandingkan dengan Android yang menguasai pasaran smartphone dengan pangsa 81,7 persen dan iOS di urutan kedua dengan 17,9 persen.

BlackBerry Blackberry Z10.
Nasib Windows Phone besutan Microsoft tak lebih baik dari BlackBerry 10 dengan pangsa pasar yang terus menyusut hingga tinggal 0,3 persen pada akhir tahun lalu.

Sepanjang periode tersebut, perangkat BlackBerry 10 yang terjual secara global hanya 207.900 unit. Angka itupun sudah jauh menurun dibandingkan kuartal sebelumnya yang tercatat 377.800 unit dengan pangsa pasar 0,1 persen.

Meski demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (16/2/2017), BlackBerry masih memberikan support untuk konsumen BlacBerry 10, khususnya pengguna di sektor enterprise.

Setelah sempat bertahan beberapa tahun, BlackBerry sendiri kini telah meninggalkan BlackBerry 10 dan beralih ke sistem operasi Android. Tak ada rencana untuk kembali merilis ponsel BlackBerry 10 di masa depan.

Mantan raja smartphone asal Kanada itu kini tengah bersiap meluncurkan ponsel Android baru berkode nama “Mercury”.

Perangkat yang akan muncul di ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona, Spanyol, akhir bulan Februari ini bakal memiliki papan ketik QWERTY.

Baca: BlackBerry Ungkap Tanggal Peluncuran Android Mercury

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com