Kompas.com - 16/02/2017, 12:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sesuai dugaan sebelumnya, pekan ini Canon benar-benar meresmikan kehadiran produk kamera mirrorless terbaru bernama EOS M6.

Duduk di kelas menengah segmen mirrorless, EOS M6 tampak seperti pendahulunya, EOS M5. Hanya saja di bagian tengah tak ada punuk berisi viewfinder elektronik (EVF).

Spesifikasinya pun mirip. EOS M6 dibekali sensor CMOS APS-C 24 megapiksel yang dipadankan dengan chip pengolah gambar Digic 7. Rentang sensitivitasnya ISO 100 hingga 25.600.

Seperti EOS M5, kemampuan merekam videonya juga mentok di resolusi Full HD (1.920 x 1.080) 60 FPS. Untuk burst dengan tracking AF (continuous) bisa mencapai 7 frame per detik.

EOS M6 dibekali layar sentuh tilting LCD berukuran 3 inci untuk keperluan membidik gambar. Layar tersebut bisa ditekuk 180 derajat ke depan (lewat atas, bukan bawah seperti EOS M5) sehingga mempermudah pemotretan selfie.

Kamera ini rencananya mulai tersedia pada April mendatang dengan banderol 780 dollar AS (Rp 10,4 juta) untuk versi body only, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (16/2/2017).

Tersedia juga kit dengan lensa EF-M 15-45mm F3.5-6.3 IS STM dengan harga 900 dollar AS (Rp 12 juta) dan kit dengan lensa EF-M 18-150 F3/5-6.3 IS STM yang dihargai 1.280 dollar AS (Rp 17,1 juta).

EOS M6 tidak dibekali jendela bidik, tapi aksesori berupa EVF eksternal bisa dibeli terpisah.

Bersama dengan kehadiran EOS M6, Canon juga memperkenalkan dua kamera DSLR baru, yakni model mid-range EOS 77D dan entry level EOS 800D.

Baca: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.