7 Video Kampanye Paling Kreatif pada Pilkada DKI Jakarta 2017

Kompas.com - 16/02/2017, 19:06 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kampanye para pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) semakin kreatif. Tidak hanya mengunjungi daerah tempat tinggal warga, kini tim paslon sudah mulai berkampanye melalui video.

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, ketiga paslon, yakni Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok - Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno, juga memanfaatkan media video untuk berkampanye.

@Funlitic, akun di Instagram dengan tema edukasi politik, lantas memilih tujuh video kampanye yang dinilai paling kreatif di Pilkada DKI Jakarta 2017 yang diunggah ke YouTube.

"Keseruan timeline media sosial kita beberapa bulan belakangan ini tidak terlepas dari sentuhan-sentuhan kreatif dari tim pendukung calon pasangan dan juga dari masyarakat yang sekadar ingin meramaikan pilkada terbesar di Indonesia ini," tutur Andrew Prasatya, founder @funlitic dan Content Marketer dari iPrice, dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Kamis (16/2/2017).

Salah satu video yang dianggap paling kreatif oleh @funlitic adalah video berjudul Men in Black Peci buatan tim pemenangan Anies - Sandi. Model video dan lagu dikatakan kreatif karena mengikuti tren saat ini.

Berikut tujuh video kampanye paling kreatif pada Pilkada DKI Jakarta 2017 yang ada di YouTube. Selain dari tim pemenangan, terdapat juga video lain yang dibuat oleh masyarakat.

1. Cameo Project – Ahok Pasti Kalah


Ini merupakan produksi salah satu kelompok anak muda kreatif di Indonesia bernama Cameo Project.

Dalam video ini tim Cameo Project mencoba menjelaskan bahwa Ahok akan kalah jika masyarakat Jakarta tidak ingin melihat Jakarta maju.

Mereka menggunakan strategi click bait atau untuk membuat judul yang bisa buat orang meng-klik video mereka di YouTube. Hasilnya berhasil, video mereka ditonton lebih kurang 1,5 juta.

2. Funlitic – Perbandingan Media Sosial CAGUB


@funlitic bersama dengan SK Mograph membuat video animasi perbandingan media sosial antara ketiga paslon.

Mereka membandingkan jumlah followers, posting, dan juga rata-rata interaksi yang didapatkan dari media sosial Twitter serta Instagram.

3. Tim kampanye Anies - Sandi - Men in Black Peci


Video dari tim kampanye kreatif Anies - Sandi berjudul Men in Black Peci.

Dalam video, bisa dilihat beberapa artis pendukung pasangan calon nomor 3 ini, salah satunya Pandji Pragiwaksono. Model video dan lagunya mengikuti tren yang ada di kalangan anak muda saat ini.

4. Jak FM - #NebengSeru


Nah, ini salah satu video yang paling unik. Konsepnya tidak asing, mirip seperti carpool yaitu pengambilan gambar langsung dari dalam mobil. Ngobrol santai dan juga bernyanyi jadi salah satu konten wajib.

JakFM, salah satu stasiun radio terbesar di Jakarta, membuat series video #NebengSeru. Di video ini dua host terkenal Ronal dan Tike, mengundang calon gubernur untuk pergi bersama mereka, berkeliling di dalam mobil, berbincang seputar kegiatan calon gubernur, dan juga bercanda gurau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.