Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Beda dari Ajang Developer Apple Tahun Ini

Kompas.com - 19/02/2017, 14:29 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple telah mengumumkan kepastian tanggal digelarnya Worldwide Developer Conference (WWDC) 2017. Ajang kumpul developer aplikasi atau software bagi Apple itu akan diadakan pada 5 Juni hingga 9 Juni.

Ada yang berbeda dari ajang WWDC ini dibandingkan tahun lalu. Alih-alih digelar di San Francisco, lokasi acara akan digeser ke McEnery Convention Center yang terletak di San Jose.

Apa yang membuat Apple memindahkan tempat WWDC dari tahun lalu? Sejumlah pihak berspekulasi bahwa alasannya terkait dengan kenaikan harga sewa lokasi konferensi di San Francisco.

Lantaran berat di ongkos, Apple pun memindahkan WWDC ke kota San Jose yang lebih sepi dan menyediakan arena konferensi dengan harga sewa yang lebih bersahabat.

Selain itu, menurut Apple, tempat konferensi di San Jose mampu menampung jumlah orang yang sama dengan Moscone Center di San Francisco yang biasanya digunakan Apple untuk ajang WWDC.

WWDC 2017 diperkirakan bakal dihadiri oleh sekitar 5.000 developer dan 1.000 engineer Apple, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Minggu (19/2/2017).

Apple sendiri telah mengumumkan tempat baru dan waktu penyelenggaraan WWDC sejak jauh hari,  supaya para peserta bisa merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

Bagi para engineer Apple, pemindahan tempat acara ke San Jose terbilang menguntungkan. Pasalnya, kantor pusat Apple berpusat di Cupertino, yang berjarak relatif dekat dari San Jose.

Di ajang WWDC tahun ini, Apple disinyalir akan memperkenalkan berbagai software baru untuk aneka gadget besutannya, termasuk iOS 11, macOS 10.13, tvOS, dan juga watchOS baru.

Apple juga terkadang memperkenalkan perangkat hardware baru di ajang WWDC tersebut, di luar iPhone yang biasanya diumumkan pada bulan September setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com