Kompas.com - 20/02/2017, 07:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto
KOMPAS.com - Iklan video di YouTube biasanya baru bisa dilewati (skip) dengan menekan tombol "skip", lima detik setelah mulai berjalan. Tapi ada kalanya pemirsa dipaksa menonton video iklan durasi penuh selama 30 detik tanpa bisa di-skip sebelum menonton video tujuan.
 
Untunglah, Google selaku pemilik dan pengelola YouTube menyadari bahwa para penggunanya tidak suka dengan format iklan yang "menyebalkan" ini, karena tidak bis adilewati.

Raksasa internet itu pun memutuskan akan menghapus format iklan 30 detik yang tidak bisa di-skip tersebut.

 
"Kami berkomitmen memberikan pengalaman iklan yang lebih baik untuk para pengguna online," ujar Google dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai bagian dari itu, kami akan mengentikan tayangan iklan 30 detik yang tidak bisa dilewati," lanjut Google.

 
Iklan 30 detik utamanya mengganggu pengguna mobile karena menyita waktu dan memakan kuota data seluler yang seharusnya bisa dialokasikan untuk video konten yang ingin dituju.
 
Meski demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (20/2/2017), Google baru akan menghentikan iklan 30 detik yang tidak bisa di-skip ini mulai 2018 mendatang.
 
Format-format iklan lainnya, termasuk yang berdurasi 15 detik dan 20 detik, akan tetap dipertahankan. Pengguna juga kemungkinan akan lebih banyak disuguhi iklan "bumper" berdurasi sepanjang 6 detik yang lebih sesuai dengan video-video pendek di YouTube.

Baca: Beda Live Streaming di YouTube dengan Facebook dan Instagram

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.