"Hacker" Irak Mengaku Retas Situs Donald Trump

Kompas.com - 20/02/2017, 09:42 WIB
Situs penggalangan dana kampanye Donald Trump yang diretas kelompok hacker yang mengaku dari Irak. IstSitus penggalangan dana kampanye Donald Trump yang diretas kelompok hacker yang mengaku dari Irak.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Server yang dipakai oleh situs pengumpulan dana kampanye milik Donald Trump diretas oleh kelompok hacker yang menamakan dirinya "Pro_Mast3r". Kelompok itu mengaku berasal dari Irak.

Server yang menampung alamat URL secure2.donaldjtrump.com itu berada di bawah platform keamanan dan manajemen milik Cloudflare. Situs tersebut tidak terhubung dengan situs kampanye Trump-Pence.

Dikutip KompasTekno dari Ars Technica, Senin (20/2/2017), halaman tersebut di-deface atau diganti tampilannya dengan gambar orang yang mengenakan topi fedora, dengan menampilkan teks:

Hacked By Pro_Mast3r ~
Attacker Gov
Nothing Is Impossible
Peace From Iraq

Source code yang tertanam di halaman muka itu memiliki tautan javascript ke akun Google Code yang kini sudah lenyap, yakni "masterendi". Akun ini sebelumnya juga pernah muncul dalam aksi peretasan lain.

Pihak Cloudflare dan tim kampanye Trump-Pence belum memberikan tanggapan resminya atas peretasan ini.

Untuk sementara, situs yang diretas tersebut dibuat offline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Kabar Server KPU Diretas Santer di Medsos, Benar atau "Hoax"?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.