Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Konsol "Game" Tiruan Nintendo Switch?

Kompas.com - 20/02/2017, 14:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Nintendo Switch mengusung konsep yang unik. Konsol game portabel ini berbentuk serupa tablet yang bisa ditambahi controller di sisi kanan dan kiri layar. 

Konsep serupa agaknya bakal diterapkan oleh Sony dalam generasi mendatang dari konsol game portabel besutannya. Hal tersebut diketahui dari sebuah dokumen paten milik Sony.
 
Paten yang bersangkutan sebenarnya sudah diajukan sejak 2015 lalu, tetapi baru belakangan ini saja mengemuka. Di dalamnya tampak ilustrasi sebuah perangkat yang mirip dengan Nintendo Switch, dengan layar besar serupa tablet dan controller di sisi-sisinya.
 
Konsol dimaksud terlihat lebih mirip dengan tablet gaming macam Razer Edge Pro ketimbang perangkat portabel macam PS Vita besutan Sony sebelumnya.
 
Digital Trends Ilustrasi perangkat konsol game mirip Nintendo Switch dalam dokumen paten yang diajukan Sony pada 2015.
Sedikit perbedaan dari Nintendo Switch, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (20/2/2017), dalam dokumen paten konsol Sony tidak disebutkan apabila unit controller yang mengapit layar bisa dilepas atau tidak.
 
Tentu, sebagaimana perangkat-perangkat lain yang masih berupa paten, belum jelas apakah konsep perangkat ini bakal benar-benar mewujud dalam bentuk produk jadi.
 
Tahun lalu, misalnya, Sony diketahui mematenkan sejumlah perangkat controller berbentuk sarung tangan untuk virtual reality. Namun, hingga kini, masih belum ada kabar lanjutan mengenai controller tersebut.
 
Nintendo Switch sendiri akan segera diperkenalkan ke publik. Pihak Nintendo berencana meluncurkannya secara resmi pada 3 Maret mendatang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com