Sony Bikin Konsol "Game" Tiruan Nintendo Switch?

Kompas.com - 20/02/2017, 14:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Nintendo Switch mengusung konsep yang unik. Konsol game portabel ini berbentuk serupa tablet yang bisa ditambahi controller di sisi kanan dan kiri layar. 

Konsep serupa agaknya bakal diterapkan oleh Sony dalam generasi mendatang dari konsol game portabel besutannya. Hal tersebut diketahui dari sebuah dokumen paten milik Sony.
 
Paten yang bersangkutan sebenarnya sudah diajukan sejak 2015 lalu, tetapi baru belakangan ini saja mengemuka. Di dalamnya tampak ilustrasi sebuah perangkat yang mirip dengan Nintendo Switch, dengan layar besar serupa tablet dan controller di sisi-sisinya.
 
Konsol dimaksud terlihat lebih mirip dengan tablet gaming macam Razer Edge Pro ketimbang perangkat portabel macam PS Vita besutan Sony sebelumnya.
 
Digital Trends Ilustrasi perangkat konsol game mirip Nintendo Switch dalam dokumen paten yang diajukan Sony pada 2015.
Sedikit perbedaan dari Nintendo Switch, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (20/2/2017), dalam dokumen paten konsol Sony tidak disebutkan apabila unit controller yang mengapit layar bisa dilepas atau tidak.
 
Tentu, sebagaimana perangkat-perangkat lain yang masih berupa paten, belum jelas apakah konsep perangkat ini bakal benar-benar mewujud dalam bentuk produk jadi.
 
Tahun lalu, misalnya, Sony diketahui mematenkan sejumlah perangkat controller berbentuk sarung tangan untuk virtual reality. Namun, hingga kini, masih belum ada kabar lanjutan mengenai controller tersebut.
 
Nintendo Switch sendiri akan segera diperkenalkan ke publik. Pihak Nintendo berencana meluncurkannya secara resmi pada 3 Maret mendatang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.