Bill Gates: Robot Harus Dipajaki

Kompas.com - 20/02/2017, 15:11 WIB
Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016. Bill GatesBill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Robot diprediksi bakal semakin banyak mengambil alih pekerjaan manusia. Selain dampak sosial yang mungkin ditimbulkan, ada juga dampak finansial bagi negara.

Setidaknya begitulah pemikiran Bill Gates, pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia yang dikenal sebagai dermawan.

Menurut Gates, apabila pekerjaan seseorang diambil alih oleh robot, maka negara akan turut kehilangan pendapatan pajak dari orang tersebut.

Padahal, pajak diperlukan negara untuk membangun berbagai fasilitas publik seperti sekolah, jalanan, dan pemadam kebakaran. Karena itulah Gates berpikir seharusnya robot diperlakukan sama seperti pegawai manusia dalam hal ini.

“Kalau robot melakukan pekerjaan yang sama dengan seseorang, maka Anda akan berpikir sebaiknya kita pajaki si robot dengan tingkat pajak yang sama,” ujar Gates dalam sebuah wawancara yang dirangkum KompasTekno dari Recode, Senin (20/2/2017).

Dia melanjutkan, uang untuk membayar pajak robot bisa diambil dari dana ekstra yang dimiliki perusahaan karena menghemat dengan mempekerjakan robot dan tak perlu menggaji manusia.

Atau, pajak bisa juga dikenakan ke perusahaan pembuat robot yang memasok mesin-mesin pekerja itu ke pihak lain.

Seberapa besar potensi kehilangan pajak yang bisa ditimbulkan oleh robot? Laporan McKinsey pada bulan lalu menyebutkan bahwa 50 persen pekerjaan manusia saat ini bisa digantikan oleh robot pada 2055.

Artinya, secara global, ada potensi kehilangan penghasilan kena pajak sebesar 16 triliun dollar AS di seluruh dunia.

Baca: Bukti Bahaya PLTN, Robot Pembersih pun Rusak



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X