Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Beli "Startup" Asal Israel, untuk Apa?

Kompas.com - 20/02/2017, 17:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber MacRumors

KOMPAS.com — Apple dikabarkan mengakuisisi startup asal Israel bernama RealFace. Perusahaan rintisan itu bergerak di bidang keamanan cyber dan machine learning dalam hal teknologi pengenal wajah.

Dikutip KompasTekno dari Mac Rumors, Senin (20/2/2017), RealFace yang berbasis di Tel Aviv dan didirikan pada 2014 itu diakuisisi Apple dengan mahar lebih kurang 2 juta dollar AS.

RealFace menciptakan teknologi unik pengenal wajah yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan persepsi manusia akan proses digital.

Software yang dibangun RealFace menggunakan paten "frictionless face recognition" yang memungkinkan komputer mengenali bentuk atau tanda tertentu di wajah.

Besar kemungkinannya teknologi RealFace ini akan digunakan di iPhone 8, smartphone terbaru Apple yang bakal dirilis tahun ini.

Pasalnya, iPhone 8 dikabarkan bakal menanggalkan fitur sensor sidik jari Touch ID bersamaan dengan tombol fisik Home di bodi smartphone.

RealFace menjadi perusahaan Israel keempat yang diakuisisi Apple. Sebelumnya, pada 2011 lalu, Apple mengakuisisi perusahaan pembuat memori flash, Anobit, senilai 400 juta dollar AS.

Lalu pada November 2013, Apple mengakuisisi perusahaan pembuat sensor 3D, PrimeSense, senilai 345 juta dollar AS. Terakhir, pada 2015 lalu, Apple membeli LinX dengan mahar 20 juta dollar AS.

Baca: Belum Dirilis, iPhone 8 Pecahkan Rekor Apple

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com