Dilelang, Telepon Merah Hitler Laku Rp 3,24 Miliar

Kompas.com - 21/02/2017, 08:41 WIB
Telepon milik Adolf Hitler dilelang. CBSNewsTelepon milik Adolf Hitler dilelang.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Telepon milik pemimpin partai Nazi, Adolf Hitler, terjual senilai 243.000 dollar AS atau setara Rp 3,24 miliar. Penjualan dilakukan dengan mekanisme pelelangan via telepon.

Menurut lembaga pelelangan Alexander Historical Auctions, angka penawaran mula-mula dibuka 100.000 dollar AS atau senilai Rp 1,3 miliar, sebagaimana dilaporkan Jezebel dan dihimpun KompasTekno, Selasa (21/2/2017).

Seseorang kemudian berani menawar dengan harga tertinggi sehingga tak mampu dilawan kandidat lain. Alexander Historical Auctions enggan mengumbar identitas pemenang lelang tersebut.

Tak jelas mengapa sang pemenang lelang begitu menginginkan benda inventaris dari salah satu tokoh otoriter paling kejam sepanjang masa. Yang jelas, telepon itu berperan penting dalam momentum-momentum bersejarah di Jerman puluhan tahun silam.

Telepon tersebut berwarna merah dan mematrikan simbol Partai Nazi. Nama Hitler juga terukir di bagian belakang telepon. Hitler membawa telepon itu ke beberapa lokasi untuk melakukan panggilan, semisal di markas Nazi dan kereta.

Telepon itu pertama kali ditemukan oleh petugas militer Rusia yang menduduki Jerman. Mereka kemudian menyerahkannya ke petinggi militer Inggris, Sir Ralph Rayner saat berkunjung ke bunker Hitler di Berlin, Jerman.

CBSNews Telepon milik Adolf Hitler dilelang.
Telepon Hitler lalu dijual anak Rayner ke lembaga pelelangan. Terakhir, telepon tersebut menjadi milik seseorang yang tak diketahui identitiasnya.

Sebelumnya, porselen milik Hitler juga terjual lewat pelelangan dengan harga 24.300 dollar AS atau senilai Rp 324 jutaan.

Baca: Mesin Enkripsi Hitler Ditemukan Dijual Murah di eBay



Sumber Jezebel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X