Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Oreo" Bakal Jadi Nama OS Android Berikutnya?

Kompas.com - 21/02/2017, 19:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Jika merujuk pada kebiasaan, tahun ini semestinya Google merilis sistem operasi Android baru dengan nama awalan O. Embel-embel "O" merujuk pada urutan abjad setelah "N" yang notabene merupakan nama kode Android keluaran 2016 lalu.

"N" itu kemudian menjadi "Nougat" ketika dirilis resmi. Google memang dikenal selalu memilih jenis kudapan manis untuk menamai sistem operasi mobile-nya itu.

Nah, dengan nama kode "O", kira-kira apa nama komersil sistem operasi Android selanjutnya? Senior VP of Android, Hiroshi Lockheimer, seakan mengindikasikan sesuatu lewat GIF yang diunggah ke akun Twitter-nya @lockheimer.

GIF itu menunjukkan kue yang terbuat dari susunan Oreo, sebagaimana dilaporkan TrustedReview dan dipantau KompasTekno dari Twitter, Selasa (21/2/2017).

Apakah ini berarti Android O akan diresmikan sebagai Android Oreo? Belum ada yang bisa memastikan.

Saat masih menyandan nama kode Android N, banyak orang berspekulasi bahwa "N" bakal jadi New York Cheesecake, Nutella, hingga Neyyapam.

Google bahkan sampai menggelar sayembara khusus untuk mendapatkan masukan ide nama. Akhirnya, nama yang diusung adalah Nougat.

Nougat adalah kudapan manis yang terbuat dari bahan gula, madu, kacang panggang, telur putih dan kadang juga disertai dengan buah-buahan kering.

Baca: Menjajal ZenFone 3 dengan Android Nougat

Nama-nama resmi Android sebelumnya juga selalu terkait dengan makan ringan, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).

Jika berkaca pada tahun lalu, Google semestinya memperkenalkan Google O pada Maret tahun ini. Lantas versi finalnya diresmikan pada pertengahan atau akhir 2017. Kita tunggu saja.

Baca: Daftar Smartphone yang Bisa Jajal Android 7.1 Nougat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com