"Drone" Bisa Dijadikan BTS Pemancar Sinyal di Area Bencana

Kompas.com - 21/02/2017, 20:08 WIB
Pengujian drone sebagai alternatif BTS di wilayah bencana. ZDNetPengujian drone sebagai alternatif BTS di wilayah bencana.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ketika bencana melanda suatu wilayah, salah satu aset yang rawan rusak adalah infrastruktur telekomunikasi semacam base transceiver station (BTS). Alhasil, penduduk di wilayah bencana tak bisa berkomunikasi dengan kerabatnya di luar daerah.

Hal ini menjadi perhatian perusahaan telekomunikasi berbasis Amerika Serikat, AT&T. Pekan lalu, AT&T menguji coba drone yang berfungsi sebagai alternatif BTS, yakni membawa jaringan LTE.

AT&T mengklaim pihaknya adalah perusahaan telekomunikasi pertama yang manguji coba teknologi demikian, sebagaimana dilaporkan ZDNet dan dihimpun KompasTekno, Selasa (21/2/2017).

Baca: Facebook Tawarkan Drone Penyebar Internet ke Indonesia

Pengujian dilakukan selama dua hari dengan beberapa kali penerbangan drone singkat. Tiap penerbangan diberi waktu 10 hingga 15 menit di area terpencil, yakni satu jam dari wilayah Atlanta, AS.

"Hasil pengujian bagus dan akan bertambah baik," kata AT&T Drone Program Director, Art Pregler.

Beberapa drone yang dites mampu menghantarkan dan menerima sinyal LTE sesuai harapan. Menurut estimasi, satu drone mampu mengkover jaringan untuk area seluas 40 mil persegi atau sebanding dengan 100 lapangan sepakbola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tiap drone, AT&T memasang Cell on Light Truck (COLT) untuk menangkap cakupan jaringan sebelum lepas landas. Selanjutnya, ketika sampai di area untuk menghantarkan jaringan, satelit dimatikan dan benar-benar mengandalkan penghantaran drone.

Drone itu terbang tak lebih dari ketinggian 400 kaki (123 meter), sesuai dengan aturan yang diberlakukan FAA. Pengujian lebih lanjut akan dilakukan bulan depan. Belum jelas kapan teknologi ini akan dikomersialisasikan.

Baca: Drone Penyembur Api Dipakai Bersihkan Sampah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.