Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD Resmi Rilis Prosesor Ryzen, Punya Kinerja Tak Terduga

Kompas.com - 22/02/2017, 21:00 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Advanced Micro Devices (AMD) resmi mengumumkan prosesor terbarunya, Ryzen. Seri ini bisa dikatakan sebagai sebuah come back bagi AMD yang telah lama tidak meluncurkan prosesor dekstop dengan arsitektur baru.

CEO and President of AMD Lisa Su, dalam acara Ryzen Tech Day di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (21/2/2017) mengatakan bahwa Ryzen dibuat berdasarkan arsitektur Zen. Arsitektur tersebut merupakan teknologi baru buatan AMD dan perdana digunakan dalam prosesor Ryzen.

“Kami mengumpulkan banyak hal dan teknisi untuk bisa menciptakan prosesor dengan kinerja tingkat tinggi (high performance). Hingga akhirnya, saat ini dengan bangga kami perkenalkan Ryzen,” ujar Lisa.

Wanita asal Taiwan ini mengatakan bahwa upaya perusahaan mengembangkan Ryzen membuahkan hasil yang tidak terduga. Sebelumnya perusahaan telah sepakat bahwa peningkatan kinerja prosesor yang menggunakan arsitektur Zen bakal meningkat hingga 40 persen. Tapi kenyataannya, kinerja Ryzen justru lebih tinggi.

“Semula kami target kenaikan kinerja atau instruction per clock (IPC) 40 persen dan banyak yang bilang kami tidak akan bisa melakukannya. Ternyata Ryzen justru melebihi target itu. Kinerja atau IPC Ryzen menunjukkan peningkatan hingga 52 persen,” tuturnya.

Ryzen sendiri merupakan prosesor yang terdiri dari beberapa tipe. Untuk saat ini, menurut Lisa, AMD merilis seri Ryzen 7 yang terdiri dari tiga tipe, yakni 1800X, 1700X, dan 1700.

Dari ketiganya, tipe terkuat adalah Ryzen 7 1800x yang memiliki 8 core, 16 thread serta berlari di kecepatan dasar 3,6 GHz. Lisa bahkan menjanjikan bahwa tipe ini jauh lebih unggul ketimbang prosesor mutakhir Intel Core i7 6900K.

“Ini (seri 1800x) memang lebih cepat 5-9 persen dibanding Intel 6900K. Saya bisa bilang (Ryzen) ini merupakan tercepat di pasar saat ini,” kata Lisa.

Rencananya, AMD akan mulai menjual ketiga tipe prosesor Ryzen 7 itu pada Maret mendatang. Sedangkan pemesanannya sudah bisa dilakukan mulai Rabu (22/2/2017) ini. AMD bekerja sama dengan sekitar 180 peritel dunia dan boutique OEM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com