Samsung Bantah Jual Galaxy Note 7 Rekondisi di India

Kompas.com - 23/02/2017, 08:48 WIB
Samsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya. Oik Yusuf/ KOMPAS.comSamsung Galaxy Note 7 berikut kotak kemasannya.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung sempat dikabarkan bakal menjual seri Galaxy Note 7 versi rekondisi alias refurbished ke negara-negara berkembang seperti India dan Vietnam. Ponsel rekondisi bakal dijual murah dengan beberapa modifikasi pada spesifikasi dan desain.

Tak lama-lama berseliweran di ranah maya, kabar itu segera dibantah perwakilan Samsung India dalam sebuah pernyataan resmi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/2/2017) dari PhoneArena.

"Laporan yang mengatakan Samsung berencana menjuall Galaxy Note rekondisi di India adalah salah," kata perwakilan tersebut.

Baca: Samsung Jual Murah Galaxy Note 7 yang Direkondisi?

Tak ditegaskan apakah bantahan itu terkhusus untuk India atau berlaku di semua negara. Yang jelas, regulasi yang berlaku di India memang melarang pemasaran ponsel rekondisi.

Isu soal penjualan Galaxy Note 7 rekondisi sendiri pertama kali mengemuka di Korea Selatan yang notabene adalah markas Samsung.

Menurut sumber dalam, Galaxy Note 7 rekondisi akan memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, yakni 3.000 mAh atau 3.200 mAh, dari yang sebelumnya 3.500 mAh. Ponsel rekondisi juga digadang-gadang akan menghilangkan desain melengkung Galaxy Note 7 di kedua sisi.

Sumber dalam juga menyebut tujuan penjualan Galaxy Note 7 rekondisi adalah untuk mereduksi kerugian Samsung atas penarikan ponsel tersebut pada Oktober 2016 lalu. Kerugian Samsung disebut mencapai 5,2 miliar dollar AS atau setara Rp 69 triliun.

Samsung pusat sendiri belum memberi komentar atas bantahan Samsung India dan isu yang beredar ini.

Diketahui, Galaxy Note 7 tak hanya membuat Samsung rugi dari segi finansial, tapi juga dari sisi kepercayaan konsumen. Survey yang digelar The Harris Poll menunjukkan reputasi Samsung sepanjang 2016 turun ke posisi 49. Padahal, sebelumnya, posisi Samsung berada di peringkat 7.

Baca: 8 Langkah Samsung Cegah Tragedi Note 7 Terulang



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X