Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat Luar Angkasa" Apple Segera Beroperasi

Kompas.com - 23/02/2017, 16:06 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple Campus 2 yang dikonstruksi sejak 2013 lalu akhirnya siap digunakan. Kawasan kantor seluas 70 yang terletak di Cupertino, California, AS, tersebut mula-mulai dinamai "Apple Spaceship" atau "Pesawat Luar Angkasa Apple" lalu kini diganti menjadi "Apple Park".

Nama sebelumnya, "Spaceship", digunakan karena kantor pusat tersebut memiliki desain mirip dengan stasiun atau pesawat luar angkasa.

Menurut Apple, dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk memindahkan lebih dari 12.000 karyawan ke kantor tersebut. Pemindahannya sendiri akan dimulai April mendatang.

Meski siap dioperasikan, Apple Park belum rampung 100 persen. Beberapa gedung kecil dan lanskap masih akan dilanjutkan pengerjaannya pada pertengahan 2017 ini.

Sebagai penghormatan untuk pendiri Apple, Steve Jobs, auditorium di Apple Park akan dinamakan "Steve Jobs Theater". Auditorium itu adalah salah satu bagian gedung yang baru dibuka pada akhir tahun dan terletak di salah satu bagian tertinggi Apple Park.

Menurut Tim Cook, Apple Park adalah bagian dari peninggalan Jobs. Karenanya, prinsip-prinsip dalam pembangunan kantor pusat tersebut akan tetap memegang teguh nilai-nilai yang dipegang Jobs.

"Steve ingin Apple Park menjadi rumah inovasi untuk generasi mendatang," kata Cook, sebagaimana dilaporkan MacRumors dan dihimpun KompasTekno, Kamis (23/2/2017).

"Ruang kerja dan lahan taman pada Apple Park dirancang untuk menginspirasi tim kami dan memberikan manfaat bagi lingkungan," ia menambahkan.

Diketahui, Apple Park dinobatkan sebagai kawasan perkantoran paling hemat energi. Pasalnya, semua energi yang digunakan dalam pengoperasian kantor menggunakan energi yang dapat diperbarui alias renewable energy.

Gedung utama Apple Park yang disebut bangunan "Spaceship" memiliki atap yang mampu menyerap 17 megawatt energi matahari alias solar power. Artinya, Apple Park menjadi bangunan dengan instalasi energi matahari terbesar di dunia.

Baca: Sudah Setengah Jadi, Ini Penampakan Kantor UFO Apple

Berikut video update pembangunan Apple Park yang diunggah di YouTube beberapa saat lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com