Yang Baru dari Kompasiana, Lebih dari Sekadar Ngeblog

Kompas.com - 23/02/2017, 18:39 WIB
Logo dan slogan baru Kompasiana KOMPASIANALogo dan slogan baru Kompasiana
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan Kompasiana sebagai sebuah platform blog sudah tidak asing lagi di telinga blogger dan netizen Indonesia. Seiring perjalanannya menjadi platform blog terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Kompasiana meluncurkan logo dan slogan baru di awal tahun 2017. Logo dan slogan baru tersebut menegaskan keberadaan Kompasiana sebagai platform yang mengakomodir opini atau laporan warga. 

Kompasiana kini mengusung slogan “Beyond Blogging” dan transformasi bentuk logo yang menggambarkan peran serta Kompasiana menyatukan blogger dengan latar belakang pendidikan, letak geografis, usia, dan minat yang berbeda untuk bersinergi dalam berbagi konten positif bersama.

"Kami harus menawarkan dan memberi pengalaman yang lebih baik, bukan hanya pada pengguna tapi juga pada netizen. Sejauh ini kami terus berbenah diri dan ke depannya kami akan menampilkan wajah yang lebih segar juga memperbaiki teknologi supaya memberi pengalaman lebih baik dalam mengakses Kompasiana," ujar Direktur Kompas Gramedia Group of Digital Andy Budiman dalam acara peluncuran logo baru Kompasiana, Kamis (23/2).

Identitas baru dari Kompasiana ini diresmikan dalam acara peluncuran yang digelar Kamis (23/2/2017) di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat, Jakarta.

“Sudah waktunya Kompasiana menyegarkan diri kembali agar lebih sesuai dengan kondisi sekarang ini. Hal ini dilakukan untuk mempertegas kembali keberadaan Kompasiana sebagai sebuah platform blog yang memungkinkan siapapun untuk menulis di Kompasiana,” ujar Iskandar Zulkarnaen, Chief Operating Officer Kompasiana.

“Logo baru ini tentunya juga akan semakin diperkuat dengan slogan baru Beyond Blogging yang mengukuhkan Kompasiana dengan tiga pilar utama yaitu platform blog, pengolahan konten yang baik dan berkualitas, dan big data. Hal inilah yang akan dikembangkan dan ditawarkan kepada para pengguna internet,” lanjut Iskandar.

Melalui semangat “Lebih dari Sekadar Ngeblog”, Kompasiana mengajak dan memberikan ruang bagi blogger untuk bersama-sama berbagi konten positif dan bermanfaat luas, sekaligus menjadi ruang interaksi melalui beragam kegiatan online dan offline yang rutin digelar.

Lebih lanjut Iskandar Zulkarnaen menambahkan, inovasi tidak hanya berhenti di perubahan logo dan slogan saja, tetapi juga pembaruan tampilan dan fitur-fitur baru yang akan semakin memenuhi kebutuhan Kompasianer.

Kompasiana pertama kali berdiri sebagai blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia di tahun 2008. Setahun berjalan, kemudian Kompasiana berganti format menjadi platform blog yang bisa diakses oleh seluruh warga dengan mengusung slogan “Sharing. Connecting”.

Sebagai platform blog dan publikasi onlineblogger Kompasiana atau juga disebut Kompasianer, bisa menuangkan konten berupa laporan, opini, hingga karya fiksi di Kompasiana.

Pengelolaan konten di Kompasiana dilakukan secara simultan. Setiap artikel yang dibuat Kompasianer akan langsung ditayangkan, namun Kompasiana tetap akan memoderasi isi konten untuk memastikan tidak ada yang melanggar syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Dalam perjalanannya, Kompasiana bertransformasi. Perubahan tampilan antarmuka situs web Kompasiana (www.kompasiana.com), fitur-fitur interaktif yang mendukung kebutuhan Kompasianer, hingga kegiatan-kegiatan online dan offline yang terus berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.