"Error" di Facebook Bikin Pengguna seperti Diretas

Kompas.com - 26/02/2017, 08:11 WIB
Facebook sudah mengumumkan siaran langsungnya akan diperlakukan sama dengan konten-konten lainnya.
ReutersFacebook sudah mengumumkan siaran langsungnya akan diperlakukan sama dengan konten-konten lainnya.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook sempat mengalami masalah teknis pada sistem platform-nya beberapa saat lalu. Jika Anda otomatis dikeluarkan alias signed-out dari akun, bisa jadi Anda merupakan salah satu korban dari masalah teknis tersebut.

Lebih lanjut, ada beberapa pengguna yang mendapat pemberitahuan bahwa akun mereka kemungkinan dalam bahaya (diretas). Facebook kemudian meminta pengguna menyetel ulang password lewat tautan yang dikirim ke e-mail masing-masing.

Perlakuan seperti itu biasanya untuk pengguna yang akunnya diretas atau sempat dimasuki orang lain. Facebook segera mengeluarkan pernyataan resmi untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

"Ada eror pada salah satu sistem kami yang menyebabkan sebagian kecil pengguna disuruh memperbaiki akunnya, padahal tak perlu," begitu pernyataaan resmi Facebook, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Minggu (26/2/2017).

Facebook mengklaim telah memperbaiki masalah tersebut. Facebook juga meminta maaf sebab kesalahan sistemnya sempat membuat beberapa pengguna panik.  

Dengan ini, pengguna yang disuruh memperbaiki akunnnya tak perlu menyetel ulang password. Cukup masuk alias log-in seperti biasa.

"Pengguna juga bisa menuruti perbaikan akun (jika mau). Tapi secara umum kami akan mencabut permintaan perbaikan akun," kata perwakilan Faceboook.

Facebook bukan satu-satunya yang mengalami kesalahan sistem seperti ini. Pada saat bersamaan, Google mengumumkan eror serupa untuk pengguna layanan router OnHub.

"Kami tahu beberapa pengguna bermasalah saat sign-in. Coba lagi sekarang, ini tak ada hubungannya dengan keamanan akun," kata Google pada tanggal 23 Februari malam waktu setempat atau 24 Februari dinihari di Indonesia.

Baca: Mengapa Ketik @[4:0] di Facebook Memunculkan Nama Mark Zuckerberg?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.