Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Beri Sinyal Rilis "Smartphone" Baru di MWC 2017

Kompas.com - 26/02/2017, 12:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pekan lalu, tepatnya pada Senin (20/2/2017), Oppo rutin membeberkan video teaser terkait teknologi 5x yang bakal meramaikan MWC 2017 di Barcelona, Spanyol. Ada beberapa informasi pada video teaser tersebut yang bisa memicu beragam asumsi.

Teknologi 5x itu sendiri dijadwalkan hadir tak lama lagi, tepatnya pada Senin (27/2/2017). Apakah Oppo hanya merilis teknologi? Atau bakal disertai dengan perangkat? Berikut beberapa petunjuk dari serial video teaser Oppo, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (26/2/2017).

Pertama, pada video teaser yang diunggah H-5, Oppo sesumbar teknologi 5x merupakan hasil pengembangan 106 engineer selama 380 hari. Dengan banyaknya tenaga dan waktu yang digelontorkan, Oppo mengklaim teknologi 5x bakal jadi pionir pada kamera smartphone.

Kedua, pada video teaser yang diunggah H-4, Oppo mengindikasikan teknologi 5x mampu menghasilkan bidikan foto yang jelas meski diambil dari jauh. Di sini mulai jelas bahwa 5x tak lain merupakan teknologi zoom.


Ketiga, pada video teaser yang diunggah H-3, Oppo memberi opsi antara ponsel yang tipis atau ponsel yang memiliki optical zoom. Pasalnya, optical zoom menuntut tonjolan pada modul kamera sehingga sulit untuk membuat bodi smartpone tipis.

Meski demikian, Oppo memberi pertanyaan lebih lanjut "kenapa tidak dua-duanya saja dalam satu perangkat?". Pabrikan China itu seakan memberi tahu bahwa teknologi 5x mampu mengakomodir dua opsi tersebut.

Keempat, pada video teaser yang diunggah H-2, Oppi memberi ilustrasi ketika melakukan zoom, gambar malah buram alias blur. Oppo kembali mengajukan pertanyaan, "apakah solusi optical stabilization dapat menjadi solusi?"

Dari empat video teaser tersebut, bisa disimpulkan Oppo bakal merilis teknologi untuk zoom pada smartphone dengan mekanisme kerja yang berbeda. Selain itu, bisa jadi juga Oppo akan merilis smartphone teranyar, sebab ada kata kunci "smartphone tipis" pada salah satu video teaser.

Oppo sendiri masih irit bicara terkait hal-hal detil dari teknologi 5x. Semuanya akan menjadi jelas pada waktu peluncurannya beberapa saat lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com