Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG G6 Resmi Meluncur, Anti-air dan Tak Lagi Modular

Kompas.com - 27/02/2017, 07:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Smartphone LG G6 akhirnya resmi diumumkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 dalam sebuah acara peluncuran di Barcelona Spanyol, Minggu (26/2/2017).

LG G6 merupakan penerus G5, ponsel modular yang memiliki berbagai komponen terpisah untuk menambahkan fitur tertentu. Misalnya modul baterai untuk memperbesar kapasitas daya atau modul untuk mengubahnya menjadi proyektor.

Sayangnya, konsep modular tersebut benar-benar telah ditanggalkan. LG G6 sama sekali tak bisa dibongkar pasang dan menjadi smartphone biasa, dibekali spesifikasi menengah, kemampuan anti-air dan anti-debu dengan sertifikasi IP68.

Baca: LG Berhenti Bikin Ponsel Bongkar-Pasang, Ini Alasannya

LG sendiri fokus merancang G6 agar menjadi ponsel berukuran besar yang enak dipakai dengan sebelah tangan saja. Caranya adalah mengurangi ukuran bezel atau kerangka yang biasanya mengelilingi layar smartphone.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (27/2/2017), spesifikasi LG G6 antara lain layar 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9 dengan resolusi 2880x1440 piksel.

Dari sisi memori, ponsel Android 7 Nougat ini punya RAM 4 GB dan memori internal 32/64 GB  yang bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB. Baterainya berkapasitas 3.300 mAh untuk menopang segala fungsinya.

LG membekali G6 dengan kamera utama yang memiliki dua modul kamera dan kamera depan 5 MP. Kamera utama LG G6 merupakan kombinasi dari kamera berlensa normal dengan lensa bersudut pandang lebar, keduanya memiliki sensor berketajaman 13 megapiksel.

The Verge LG G6

Kamera normal tersebut memiliki bukaan rana F/1.8 dan fitur optical image stabilization (OIS) untuk mencegah gambar blur akibat gerakan. Sedangkan kamera bersudut pandang lebar yang jadi pasangannya memiliki bukaan rana F2.4.

Otak pemrosesan LG G6 berupa chipset Snapdragon 821, bukan chipset terbaru Qualcomm seri 835. Kendati demikian, LG telah meminta modifikasi khusus untuk chipset seri 821 tersebut. Salah satunya adalah fitur yang membuat zoom optik di kameranya bekerja dengan mulus dan lancar.

Baca: Alasan LG G6 Tidak Pakai Snapdragon 835

LG juga membekali G6 dengan digital audio converter (DAC) yang berguna untuk membaca berbagai file audio kualitas tinggi. Sayangnya, DAC ini hanya ada di LG G6 untuk Korea dan tidak diketahui kapan akan muncul di negara lain.

Belum diketahui harga jual resmi LG G6, dan kapan perangkat ini bakal dijual di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com