Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ponsel Legendaris Nokia yang Layak Dirilis Ulang

Kompas.com - 27/02/2017, 08:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Ponsel legendaris Nokia 3310 lahir kembali di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2017) malam tadi. Ponsel ini dirilis oleh vendor Finlandia, HMD Global selaku pemegang merek Nokia

Pertama kali diperkenalkan pada September tahun 2000, Nokia 3310 merupakan salah satu ponsel paling laku di dunia dengan angka penjualan total mencapai 126 juta unit secara global. Feature phone sederhana ini dikenal tangguh dan memiliki baterai awet.

Nokia 3310 bukan andalan satu-satunya dari pabrikan asal Finlandia tersebut. Sepanjang kiprahnya sebagai raja ponsel selama lebih dari satu dekade, Nokia telah banyak menelurkan model-model ponsel lain yang tak kalah menarik.

Berbeda dari smartphone modern yang memiliki bentuk fisik monoton -melulu didominasi layar touchscreen lebar- ponsel-ponsel jadul Nokia punya rancang bangun yang jauh lebih beragam. Ada yang serupa camcorder, ada juga yang digadang-gadang sebagai konsol game mini.

Baca: Resmi Dirilis, Nokia 3310 Versi Baru Dijual Rp 700.000

Nah, apa saja ponsel legendaris Nokia yang mungkin "layak" lahir kembali seperti Nokia 3310? Berikut ini 5 di antaranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (27/2/2017).

1. Nokia N93i

Nokia Nokia N93i

Dirilis pada tahun 2007, Nokia N930 memiliki tiga macam bentuk yang berbeda berkat sejumlah engsel fleksibel yang tertanam di tubuhnya.

Perangkat  ini bisa diatur agar berfungsi seperti ponsel lipat (flip phone) biasa. Bisa juga layarnya di angkat sehingga tampak seperti laptop mini dengan OS Symbian.

Yang tak kalah penting, kamera Nokia N93i yang memiliki resolusi 3,2 megapiksel dan sanggup merekam video lewat lensa yang ditempatkan di bagian engsel, sehingga bentuknya menyerupai camcorder, lengkap dengan tombol rekam.

2. N-Gage

Nokia Nokia N-Gage.

Hadir sebagai perlambang upaya Nokia masuk ke industri game mobile di awal abad ke-21, N-Gage merupakan gabungan konsol game portabel dan ponsel. Layarnya yang berbentuk persegi terletak di tengah, diapit d-pad (tombol arah) dan keypad numerik.

Di jantungnya, N-Gage adalah smartphone berbasis OS Series 60 yang sanggup menjalankan aneka game dari kartu memori layaknya cartridge mini yang diselipkan di dalamnya

N-Gage sebenarnya gagal di pasaran dan tak sanggup bersaing dengan konsol game portabel sungguhan macam Nintendo Game Boy Advance ketika itu. Namun nama N-Gage terus hidup sebagai salah satu gadget ikonik Nokia.

Baca: Ponsel Nokia 150 Resmi Diperkenalkan, Dijual Rp 350.000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com